Diskusi 1 Audit SDM
Sama halnya dengan proses manajemen yang lain, audit juga tentunya memiliki tahap perencanaan sampai dengan evaluasi dari audit itu sendiri. Silahkan jelaskan tahapan dan aktivitas audit tersebut.
Jawab :
Tahapan dan aktivitas audit dijelaskan sebagai berikut :
a. Tahap pra audit, yaitu perencanaan audit
Audit adalah suatu program atau aktivitas yang tentunya akan memakan biaya yang tidak kecil baik biaya material, energi maupun waktu. Untuk itu, audit harus direncanakan dengan baik agar hasilnya maksimal dan memberi manfaat yang diinginkan. Dalam tahap perencanaan audit ini, aktivitas yang dilakukan tidak terbatas pada:
1) Menentukan tujuan audit
Tujuan audit harus dirumuskan secara spesifik. Dalam merumuskan tujuan audit, perlu dipertimbangkan dukungan sumber daya yang ada, antara lain:
biaya yang dibutuhkan, SDM atau auditor yang dibutuhkan, waktu yang tersedia untuk audit
2) Menentukan ruang lingkup audit
Terbatasnya sumber daya, baik SDM, waktu, maupun biaya menuntut audit yang dilakukan harus dibatasi sepanjang tujuan audit dapat tercapai.
b. Tahap pelaksanaan audit
Tahap ini merupakan tahap yang sangat krusial dan seringkali menjadi
fokus dalam keseluruhan aktivitas audit. Dalam tahap ini, auditor mungkin melakukan aktivitas berikut tetapi tidak terbatas pada:
1) Analisis dokumen; auditor mempelajari dokumen yang relevan terkait dengan pihak yang diaudit dan tujuan audit. Berbeda pada tahap preliminary audit, analisa dokumen yang dilakukan dalam tahap ini akan dilakukan secara lebih mendalam.
2) Membandingkan suatu aktivitas yang dilakukan dengan sistem dan prosedur yang berlaku.
3) Mewawancarai auditee; wawancara dilakukan untuk menanyakan hal yang tidak jelas, melakukan klarifikasi, meminta penjelasan, dan sebagainya.
4) Mencari bukti; apabila audit memiliki tujuan yang sangat spesifik misalnya setelah terjadinya kecelakaan kerja, maka auditor akan mencari bukti yang dapat menjelaskan apa penyebab terjadinya kecelakaan kerja tersebut dan siapa yang bertanggung jawab atas kejadian tersebut.
c. Tahap post audit
Tahap ini merupakan tahap setelah aktivitas audit dilakukan. Dalam tahap ini, aktivitas yang dilakukan antara lain tetapi tidak terbatas pada:
1) Menyusun laporan audit; laporan audit disusun dalam format yang telah ditentukan sebelumnya.
2) Diskusi; laporan audit dapat menjadi bahan diskusi untuk menyusun rencana tindak lanjut atau rekomendasi atas temuan audit.
Komentar
Posting Komentar