Diskusi 1 Manajemen Rantai Pasokan

 

Saudara mahasiswa setelah mempelajari materi pada inisiasi pertama, silahkan diskusikan soal berikut ini:

Dalam diskusi kali ini kita akan membahas mengenai dasar-dasar Manajemen Rantai Pasok (Supply Chain Management), bahan diskusi kita antara lain:

  1. Rantai pasok menunjukkan adanya rantai yang panjang yang dimulai dari pemasok sampai pelanggan, di mana adanya keterlibatan entitas atau disebut pemain dalam konteks ini dalam jaringan rantai pasok yang sangat kompleks tersebut. Berikan penjelasan dan sertakan contoh dari pemain utama yang terlibat dalam rantai pasok!
  2. Apa maksud dari gambar rantai pasok dibawah ini, berikan penjelasan dengan contoh!



Selamat berdiskusi.

 

Jawab :

1.      Saya mengambil contoh pada layanan pesawat terbang (Flight Service).

Setidaknya ada empat stakeholder utama yang ada dalam supply chainin-flight service. Mereka berbagi tugas untuk meminimalisir waste dan meraih efisiensi dalam supply chain di perusahaan penyedia jasa in-flight.Empat stakeholder ini belum termasuk penumpang di pesawat. Mereka adalah pihak maskapai, penyedia catering (inflight catering), pemasok, dan penyedia jasa logistik. Mereka semua berbagi tanggung jawab atas total biaya dalam rantai pasokan. Berikut adalah pembahasan mengenai peran dan tanggung jawab masing-masing stakeholder, dan kesempatan optimasi yang dapat dieksplorasi lebih jauh.

Maskapai

Maskapai bertanggung jawab atas rancangan layanan di pesawat. Keputusan mereka mengenai makanan dan peralatan yang disediakan di kabin berperan besar dalam menentukan biaya dalam supply chain secara keseluruhan. Maskapai sendiri memiliki satu departemen Inflight Service, yang mengurusi kebutuhan service di atas pesawat saat terbang, diantaranya inflight entertainment, inflight meal, cabin crew dan fasilitas lain untuk kebutuhan penumpang pesawat udara.

Penyedia Catering Pesawat

Pihak penyedia catering memiliki dua peran, yaitu mempersiapkan makanan dan memasukkan makanan kedalam kabin pesawat, termasuk mengelola peralatan makan milik maskapai yang menjadi klien mereka.

Stakeholder yang satu ini menempati posisi paling sulit. Walaupun mereka adalah pelanggan dari pemasok, produk yang dipakai bisa jadi bukan pilihan mereka sendiri, melainkan dipilihkan oleh pihak maskapai. Namun, penyedia catering harus bertanggung jawab untuk menjaga kualitas dan jumlah makanan yang disediakan di kabin, termasuk semua peralatan yang digunakan. Semua itu biasanya langsung dikirimkan dari dapur penyedia catering.

Pemasok

Proses pengiriman dan pemuatan ini memiliki aspek-aspek keamanan yang perlu diperhatikan. Itulah sebabnya mengapa proses pengiriman bahan baku hingga pengiriman makanan jadi kedalam kabin pesawat semua dikawal ketat oleh petugas keamanan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyelundupan senjata, narkotika dan barang terlarang lainnya.

Penyedia Jasa Logistik

Proses penyediaan makanan-pun tak kalah kompleksnya. Sebuah perusahaan penyedia catering tidak hanya melayani satu maskapai saja, melainkan bisa puluhan maskapai, baik yang melayani jalur domestik hingga internasional. Bayangkan saja berapa kali penerbangan yang bisa dijalankan oleh satu maskapai dalam sehari. Kalikan dengan sepuluh maskapai, misalnya, bisa jadi ratusan penerbangan yang harus dilayani oleh satu perusahaan penyedia catering setiap harinya. Kesibukan ini masih ditambah dengan ketatnya jadwal penerbangan, atau masalah yang ada jika terjadi delay.

 

2.      Pada Gambar Rantai pasok dijelaskan bahwa rantai pasok merupakan suatu proses yang dimulai dengan pengumpulan sumber daya yang ada dan kemudian dilanjutkan dengan proses pengelolahan untuk menjadi produk siap pakai untuk selanjutnya didistribusikan dan dipasarkan hingga ke pelanggan terakhir dengan memperhatikan biaya, kualitas, ketersediaan, pelayanan, dan faktor reputasi. Rantai pasok itu sendiri meliputi supplier, manufacture,dan retailer yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara langsung maupun tidak langsung (Wisner, et al., 2012,  p.6). Rantai pasok secara umum juga dijelaskan bahwa adanya aliran  produk dan pelayanan yang mengarah dari raw material hingga retailers. Selain itu juga terdapat aliran recycling dan  returns yang mengarah ke arah sebaliknya dari aliran produk dan pelayanan. Namun untuk aliran informasi, perencanaan dan integrasi aktivitas alirannya adalah dua arah

 

 

Sumber :

http://shiftindonesia.com/4-pemain-utama-dalam-supply-chain-in-flight-service/

https://knpts.ftsl.itb.ac.id/wp-content/uploads/2019/12/STRUKTUR-DAN-PERILAKU-RANTAI-PASOK-KOMODITAS-STRATEGIS-PADA-PROYEK-BANGUNAN-GEDUNG-DI-BANDUNG-RAYA.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga