Tugas 1 Manajemen Rantai Pasokan

 1.        Berdasarkan ulasan tersebut, jawablah pertanyaan no. 1 dan no. 2 sebagai berikut.

Coba Anda pelajari materi mengenai pemain-pemain utama dalam rantai pasokan seperti terdapat pada Modul 1 BMP Manajemen Rantai Pasokan.

a.         Sebutkan dan jelaskan pemain-pemain utama yang terdapat dalam rantai pasok Dell.

b.         Jelaskan fungsi atau peran pemain-pemain utama tersebut!

c.         Pemain manakah yang tidak dilibatkan dalam rantai pasok Dell !

Jawab :

a.    Berikut ini merupakan pemain utama yang terlibat dalam rantai pasokan (Indrajit dan Djokopranoto, 2002) :

·         Suplier, adalah pihak/orang yang menyediakan bahan baku untuk diolah menjadi produk jadi atau setengah jadi.

·         Manufactur, Pengertian manufaktur berdasarkan teknis adalah kegiatan pengolahan bahan mentah melalui proses kimia dan fisika dalam mengubah suatu bentuk, sifat, serta tampilan untuk membuat sebuah produk. Selain itu manufaktur sendiri mencakup mengenai perakitan berbagai bahan hingga menjadi suatu produk.

·         Distributor, Proses Distributor dapat dipahami dengan membeli produk kepada produsen, kemudian menjualnya lagi dengan pengecer atau ke konsumen langsung.

·         Retail, Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Eceran berarti secara satu-satu; sedikit-sedikit (tentang penjualan atau pembelian barang); ketengan

·         Customer, adalah pelanggan

 

Proses mata rantai yang terjadi antar pemain utama itu adalah sebagai berikut:

·           Supplier (chain 1)

Rantai pada rantai pasokan dimulai dari chain 1, yang merupakan sumber penyedia bahan pertama. Di sini adalah tempat di mana mata rantai penyaluran barang akan mulai. Bahan pertama di sini bisa dalam bentuk bahan baku, bahan mentah, bahan penolong, suku cadang atau barang dagang.

·           Supplier-Manufacturer (chain1-2)

Merupakan tempat mengonversi ataupun menyelesaikan barang (finishing). Hubungan kedua mata rantai tersebut sudah mempunyai potensi untuk melakukan penghematan. Misalnya, penghematan inventory carrying cost dengan mengembangkan konsep supplier partnering.

·           Suplier-Manufacturee-Distributor (chain 1-2-3)

Dalam barang jadi yang dihasilkan disalurkan kepada pelanggan, di mana biasanya menggunakan jasa distributor atau wholesaler yang merupakan pedagang besar dalam jumlah besar.

·           Suplier-Manufacturer-Distribution-Retail Outlets (chain 1-2-3-4)

Dari pedagang besar tadi barang disalurkan ke toko pengecer (retail outlet). Walaupun ada beberapa pabrik yang langsung menjual barang hasil produksinya kepada pelanggan, namun secara relatif jumlahnya tidak banyak dan kebanyakan menggunakan pola seperti di atas.

·           Suplier-Manufacturer-Distribution-Retail Outlets-Customer (chain 1-2-3-4-5)

Pelanggan merupakan rantai terakhir yang dilalui dalam rantai pasokan, dalam konteks ini sebagai end-user. Pada rantai ini, terjadi transaksi antara retail dan pelanggan yang meliputi seluruh proses yang secara langsung meliputi penerimaan barang sekaligus memenuhi permintaan pelanggan.

b.    fungsi supplier,

·         Pihak yang bertanggung jawab menyediakan bahan baku baik bahan mentah atau setengah jadi kepada perusahaan manufaktur yang membutuhkannya.

·         Supplier juga memiliki fungsi menjaga pasokan bahan baku agar perusahaan bisa tetap menjalankan proses produksinya.

·         Supplier memiliki fungsi mengontrol kualitas bahan baku. Barang/jasa yang dijual supplier harus dalam kondisi baik saat diterima oleh perusahaan produksi.

·         Supplier juga harus mengatur tata cara penyimpanan bahan baku selama masih belum dikirimkan kepada perusahaan produksi.

·         Supplier juga punya fungsi mengatur proses pengiriman bahan baku secara aman dan tepat waktu sampai ke tangan perusahaan yang membutuhkannya.

Fungsi Manufaktur,

Manufaktur juga memiliki berbagai macam fungsi yang cukup esensial. Adapun fungsi manufaktur ini pada dasarnya yaitu untuk hal-hal berikut ini.

·         Fungsi produksi, merupakan suatu proses dalam pengolahan bahan baku atau mentah menjadi produk atau barang jadi. Apa saja biaya yang dikeluarkan pada proses produksi? Misalnya, biaya bahan baku, mesin dan seterusnya.

·         Fungsi pemasaran, merupakan suatu proses untuk mendukung tercapainya penjualan dari hasil produksi perusahaan dengan tujuan untuk memaksimalkan keuntungan. Apa contoh biaya perusahaan? Misalnya biaya promosi mencakup semuanya, seperti angkutan dan sebagainya.

·         Fungsi administrasi dan umum, Ini merupakan suatu proses untuk menentukan segala hal terkait kebijakan perusahaan. Dengan tujuan untuk mendukung semua proses operasional perusahaan sehingga bisa menciptakan efisiensi dan efektivitas. Misalnya, biaya gaji karyawan, akuntansi, personalia dan lainnya.

·         Fungsi keuangan, Ini merupakan suatu proses untuk menyediakan kebutuhan perusahaan. Mulai dari kebutuhan produksi, pengembangan, pemasaran dan sebagainya.

Fungsi Distributor,

Distributor merupakan penghubung antara produsen dan konsumen.

Customers

Fungsi dan peran customers adalah sebagai pemakai, pelanggan maupun nasabah.

 

c.    Dell mendistribusikan produk komputernya langsung kepada pembeli akhir. Jadi pemain yang tidak dilibatkan dalam rantai pasok Dell adalah reseller.

 

2.        Sebutkan dan jelaskan faktor yang mempengaruhi distribusi untuk mencapai adanya pelayanan yang baik untuk konsumen !

Jawab :

Distribusi dipengaruhi oleh beberapa faktor struktur penyusunan jaringan distribusi yang dapat mengakibatkan tercapainya pelayanan yang baik untuk konsumen. Faktor tersebut antara lain (Chopra dan Meindl, 2013) :

a.         Response time ; berkaitan dengan waktu yang diperlukan untuk mengirimkan produk sampai pada konsumen. Ini sangat berpengaruh pada kelangsungan perusahaan. Apabila produk terlambat diterima konsumen dan tersedia produk pengganti, maka apabila terjadi keterlambatan pada proses pengiriman akan menyebabkan konsumen akan beralih ke produk lain. Dengan demikian jaringan distribusi harus cepat merespons keadaan pasar yang bisa berubah-ubah setiap saat.

b.        Product variety : berkaitan dengan banyaknya jenis produk yang ditawarkan oleh saluran distribusi tersebut ; ketika jenis produk yang ditawarkan banyak maka saluran distribusi akan lebih rumit dan membutuhkan alat kontrol lain untuk mendapatkan biaya yang efesien.

c.         Product availability : berkaitan dengan ketersediaan akan produk tersebut ketika permintaan pasar lebih tinggi dari permintaan yang telah diperkirakan. Hal ini biasanya terjadi pada waktu-waktu tertentu. Contoh produk yang fast moving customer goods akan mengalami peningkatan permintaan pada saat hari besar agama ataupun tahun baru.

d.        Customers experience : berkaitan dengan kemudahan konsumen mendapatkan produk dan menggunakan produk tersebut. Sebagai contoh jika produk dikategorikan sebagai produk konsumsi, maka permintaan pasar akan produk tersebut dalam kapasitas atau volume yang banyak.

e.         Time to market : berkaitan dengan waktu yang dibutuhkan pasar untuk bisa menerima dan merespon ketika ada produk baru. Saluran atau jaringan distribusi harus memperhitungkan masalah ini karena jika peramalan akan terserapnya produk baru meleset jauh, maka produk tersebut biasanya akan disebut produk gagal oleh pasar.

 

3.        Diketahui permintaan suatu produk sebagai berikut.

Bulan

Permintaan

1

50

2

52

3

60

4

55

5

56

 

Hitunglah peramalan permintaan pada bulan ke-6 dengan menggunakan metode moving average berdasarkan data permintaan tiga bulan terakhir.

Jawab :

Permintaan terakhir = 60,55,56

Perhitungan peramalan permintaan pada bulan ke-6 adalah :

F6 = 60+55+56/3 = 57

F6 = 57

 

 

 

Sumber :

http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=EKMA437102/&doc=M3.pdf

https://www.pustaka.ut.ac.id/lib/ekma4371-manajemen-rantai-pasokan-edisi-2/

https://qwords.com/blog/apa-itu-supplier/

https://cpssoft.com/blog/bisnis/pengertian-perusahaan-manufaktur/

https://moneyduck.com/id/articles/1344-pentingnya-perusahaan-manufaktur-dalam-bi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga