Diskusi 3 Pemasaran Jasa
Menurut anda, apa saja dampak pandemi covid-19 terhadap bauran pemasaran (marketing mix) jasa diera industri 4.0? Jelaskan per elemen marketing mix (product, price, promotion, place, process, physical evidence, dan people).
Silahkan mengutip referensi dari minimal 2 sumber, dan gunakan kata-kata anda sendiri dalam menyimpulkan referensi tersebut.
Jawab :
Selama pandemi Covid-19 penyebarannya belum mereda maka kebijakan seperti melarang adanya perkumpulan manusia berskala besar akan terus digalakkan meski berdampak pada perekonomian nasional. Para produsen akan kehilangan pasarnya lantaran sepinya konsumen yang lebih memilih tetap di rumah guna menghindari tertular penyakit Covid-19 ini. Produsen harus memutar otak agar hasil produksinya bisa tetap laku dibeli konsumen tanpa ada pasar yang nyata yang sementara masih banyak yang ditutup oleh Pemerintah. Produsen disini yang kami maksud adalah pengusaha besar dan juga UMKM harus memahami teori perilaku produksi yang ada dan juga memahami strategi pemasaran yang baik untuk menghindari kerugian yang lebih besar dan agar usahanya tetap berjalan dan tidak bangkrut di tengah krisis akibat Covid-19 ini. Sosial media dalam hal ini utamanya facebook adalah sebuah alternatif terbaik guna menyiasati pasar nyata yang ditutupdan untuk menawarkan produknya agar bisa sampai kepada konsumen.
Product,
Produk merupakan unsur yang penting dalam suatu pemasaran sebab dengan produkah perusahaan berusaha untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen. Elemen-elemen yang perlu diperhatikan dalam produk yaitu kualitas, design, kemasan, nama merk, dan variasi produk.
Price/Harga
Harga merupakan sejumlah uang yang harus dibayarkan customer untuk memperoleh produk yang dibeli. Harga merupakan unsur bauran pemasaran yang menghasilkan pendapatan, berbeda dengan unsur lainnya yang menghasilkan biaya. Harga suatu produk ditentukan dari besarnya biaya yang dikeluarkan untuk menghasilkan produk tersebut dan keuntungan yang diharapkan. Oleh karena itu, menentukan harga produk merupakan masalah yang sangat penting bagi perusahan, karena dapat mempengaruhi kelangsungan hidup dan laba perusahaan. Tetapi keputusan dari konsumen untuk membeli barang tidak dilihat dari harganya saja, tentu juga dilihat dari faktor lain contoh kualitas barangnya. Maka dari itu, perusahaan hendaknya menetapkan harga yang paling tepat baik untuk keuntungan jangka pendek ataupun jangka panjang.
Place/Tempat
Tempat merupakan pasar bagi produk yang telah dihasilkan oleh perusahaan. Setelah perusahaan menghasilkan produk yang dibutuhkan dan menetapkan harga yang tepat, tahap selanjutnya yaitu menentukan metode penyampaian produk ke pasar melalui rute-rute yang efektif hingga tiba pada tempat yang tepat, dengan harapan produk tersebut berada ditengah-tengah kebutuhan dan keinginan konsumen yang haus akan produk tersebut. Masalah pemilihan tempat sasaran merupakan masalah yang berpengaruh bagi marketing, karena kesalahan dalam pemilihan tempat dapat menghambat usaha penyaluran produk dari produsen ke konsumen.
Promotion/Promosi
Promosi merupakan aktivitas yang menyampaikan untuk menyampaikan produk atau membujuk pelanggan agar membelinya (wibowo,dkk.,2015).11Unsur promosi ini merupakan usaha untuk memberikan informasi pada pasar tentang produk yang dijual, ada beberapa cara menyebarkan informasi tersebut yaitu periklanan (Advertising), penjualan pribadi (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), dan publisitas (publicity).
Process/Proses
Adalah aliranoperasional aktivitas-aktivitas jasa, teknologi, fleksibilitas dan urutan proses.
Physical evidence/Bukti fisik
Adalah service-scape, garansi, teknologi, komunikasi, dan website.
People
Adalah karyawan atau pelanggan.
Sumber :
http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=EKMA456802/&doc=M4.pdf
http://eprints.umsida.ac.id/6834/1/Aminul_191020700026_BAB1-1.pdf
Komentar
Posting Komentar