Diskusi 1 Pemasaran Strategik

 

  1. Untuk memenangkan persaingan, pelaku usaha dituntut mampu merumuskan strategi bisnis. Salah satu strategi yang banyak diadopsi adalah Strategi SWOT. Jelaskan strategi SWOT dan gambarkan dalam matrik TOWS (4 rumusan strategi).

Jawab :

Analisis  SWOT  dibutuhkan  untuk  mengetahui  perhatian  manajemen  terhadap  kondisi internal  dan  eksternal  dari  organisasi  (Witarto,  2004).  Analisis  SWOT  ini  mengidentifikasi peluang  dan  ancaman  eksternal  serta  kekuatan  dan  kelemahan  internal.  Peluang  dan  ancaman eksternal  merujuk  pada  peristiwa  dan  tren  ekonomi,  social,  budaya,  demografi,  lingkungan, politik,  hokum,  pemerintahan,  teknologi,  dan  persaingan  yang  dapat  menguntungkan  atau merugikan suatu organisasi secara berarti di masa depan. Peluang dan ancaman sebagian besar di luar kendali suatu organisasi (David, 2004).

Matriks  strategi  TOWS  merangkai  perangkat  pencocokan  yang  penting  membantu manajer  mengembangkan  empat  tipe  strategi  yaitu  strategi  SO  (Strengths-Opportunities), strategi  WO  (Weakness-Opportunities),  strategi  ST  (Strengths-Threaths)  dan  strategi  WT (Weakness-Threaths).  Mencocokkan  faktor-faktor  eksternal  dan  internal  kunci  merupakan bagian yang sulit dalam mengembangkan Matriks TOWS dan memerlukan penilaian yang baik (David, 2004)

 

IFAS

STRENGTH

(S)

Tentukan faktor

-

faktor

kekuatan eksternal

perusahaan.

WEAKNESS

(W)

Tentukan faktor

-

faktor

kelemahan internal

perusahaan.

EFAS

 

OPPORTUNITIES

(O)

Tentukan faktor

-

faktor

peluang eksternal

perusahaan.

STRATEGI SO

Ciptakan strategi yang

menggu

nakkan kekuatan

untuk memanfaatkan peluang.

 

STRATEGI WO

Ciptakan strategi yang

meminimalkan kelemahan

untuk memanfaatkan peluang.

 

THREAT

(S)

Faktor

-

faktor ancaman

perusahaan.

STRATEGI ST

Ciptakan strategi yang

menggunakkan kekuatan

untuk mengatasi ancaman

STRATEGI WT

Ciptakan strategi yang

meminimalkan kelemahan

untuk mengatasi ancaman.

 

 

  1. Anda diminta untuk mengambil contoh salah satu UKM sukses (yang ada disekitar tempat tinggal atau menggunakan data UKM dari Google: jurnal, kasus). Analisalah potensi UKM tersebut dengan menggunakan matrik TOWS.

Jawab :

UMKM TUSBAG

IFAS

Strenght

(Kekuatan)

1. Aspek Pemasaran

    a.  Memiliki    pelanggan tetap

    b.  Harga terjangkau

2. Aspek Keuangan

    a.  Pendapatan penjualan stabil

    b.  Biaya produksi lebih rendah

         menggunakan jasa makloon

3. Aspek Operasional

    a.  Desain tas menarik dan

         bervariatif

    b.  Produk berkualitas

4. Aspek SDM

    a.  Pelayanan ramah

 

Weakness

(Kelemahan)

1. Aspek Pemasaran

    a. Kurangnya pengadaan kegiatan 

        untuk meningkatkan citra

        perusahaan

    b.Kurang gencar melakukan     

        pemasaran

    c. Penjualan offline tidak maksimal

2. Aspek Keuangan

    a. Pembukuan laporan keuangan    

        secara manual

3. Aspek SDM

    a. Tidak ada tenaga kerja ahli 

        pembuatan graphic design

    b.Tenaga  kerja  kurang produktif

 

 

 

 

 

 

 

EFAS

Opportunity

(Peluang)

1. Aspek Pemasaran

    a. Penjualan secara online dan

        offline

2. Aspek Kebijakan

    a. Perizinan usaha lebih mudah

3. Aspek Operasional

    a. Bahan baku mudah didapat di

        sekitar lingkungan usaha

4. Aspek Teknologi

    a. Menggunakan teknologi  

        informasi dalam berbisnis

 

SO

1.  Meningkatkan  penjualan (S1a, dan O1a)

2.  Menjaga hubungan yang baik dan harmonis antara pemilik  dengan karyawan,  antara perusahaan dengan reseller dan distributor, antara perusahaan dengan supplier, dan antara perusahan dengan makloon (S1a, S2b, O1a, dan O3a)

3.  Menjaga kepercayaan pelanggan dengan meningkatkan kualitas dan  mutu produk (S1a, S1b, S3a, S3b, O1a, O3a, dan O4a)

4.  Memberikan pelayanan yang  berkualitas,  cepat, rapih  dan   ramah (S4a. O1a, dan O4a)

 

WO

1.  Melakukan kerjasama dengan brand lain baik di bidang  yang sama ataupun  tidak sama (W1a, W1b, W1c, W3a, W3b, dan O1a)

2.  Memanfaatkan kemajuan  teknologi untuk meningkatkan kemampuan  karyawan untuk mengolah keuangan  (W2a,  W3b, dan O1a)

 

 

IFAS

Strenght

(Kekuatan)

5. Aspek Pemasaran

    c.  Memiliki pelanggan tetap

    d.  Harga terjangkau

6. Aspek Keuangan

    c.  Pendapatan penjualan stabil

    d.  Biaya produksi lebih rendah  

         menggunakan jasa makloon

7. Aspek Operasional

    c.  Desain tas menarik daN

         bervariatif

    d.  Produk berkualitas

8. Aspek SDM

    b.  Pelayanan ramah

Weakness

(Kelemahan)

4. Aspek Pemasaran

    d. Kurangnya pengadaan kegiatan

        untuk meningkatkan citra

        perusahaan

    e. Kurang gencar melakukan

        pemasaran

    f. Penjualan offline tidak maksimal

5. Aspek Keuangan

    b. Pembukuan laporan keuangan

        secara manual

6. Aspek SDM

    c.Tidak ada tenaga kerja ahli

       pembuatan graphic design

    d.Tenaga  kerja  kurang produktif

 

 

 

 

EFAS

Threat (Ancaman)

1.   Aspek Pemasarana.

a.      Kenaikan hargabahan baku

2.   Aspek Kebijakana.

a.      Adanya  pesaing  kuatdi bidang yang sama.

b.     Pemasaran produk pesaing lebih baik

c.      Citra perusahaan pesaing lebih terkenal

d.     Persaingan harga pesaing  yang  kurang sehat

ST

1.     Membuat produk yang inovatif  dan unik sesuai dengan tren  (  S3a,  S3b,T2a, dan T2d)

2.     Mempertahankan penggunaan  bahan baku yang sesuai agar   tidak terjadi penurunan kualitas    produk  (S3a,S3b, T1a, T2a, dan T2d)

3.     Menyediakan produk pengganti    jika bahan baku sedang kosong (S3a, S3b dan T1a)

WT

1.      Meningkatkan pemasaran dengan memperbaiki isi  konten pemasaran agar yang lebih   baik, unik dan menarik    dibandingkan pesaing  (W1a,    W1b,T2a, T2b, T2c, dan T2d)

2.      Mengadakan  pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan,   keahlian,keterampilan  dan  sikap tenaga kerja dalam melaksanakan tugas (W2a,  W3a, W3b, dan T2a)

3.      Melakukan  pemasaran dengan  intens terutama secara offline untuk meningkatkan brand awareness dilingkungan sekitar  dan meningkatkan penjualan (W1a, W1b, W1c, T1a, T2a, T2b, T2c dan T2d)

 

 

Sumber :

https://media.neliti.com/media/publications/136660-ID-analisis-csf-swot-dan-tows-studi-kasus-p.pdf

http://journal.stieken.ac.id/index.php/penataran/article/download/438/521/769

https://elibrary.unikom.ac.id/id/eprint/520/10/12.%20UNIKOM_DEWI%20LESTARI_BAB%20IV.pdf

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga