Diskusi 4 Manajemen Operasi Jasa
PT. Pesona merupakan sebuah perusahaan tour and travel. PT Pesona melayani jasa ticketing, agen wisata serta tour baik mandiri maupun berkelompok. PT. Pesona memiliki tagline, “Mau Jalan-jalan? Kami ahlinya”. Tarif yang ditetapkan oleh manajemen PT Pesona sebenarnya berada pada segmen menengah namun tidak menutup kemungkinan untuk melayani segmen bawah. Mengingat PT Pesona tidak pernah mengurangi kualitas atas pelayanan yang diberikan. PT. Pesona beranggapan, lokasi tidak begitu penting saat ini karena sekarang merupakan era internet sehingga untuk promosi cukup menggunakan social media saja.
Jika anda, sebagai konsultan manajemen, bagaimana pendapat anda tentang fenomena tersebut dan jika PT Pesona akan membuka cabang, maka bagaimana kriteria yang cocok terkait evaluasi dan pemilihan lokasi. Mari kita diskusikan
Jawab :
Di dalam memajukan perusahaan, seorang konsultan agen perjalanan disamping menyadari benar-benar tugasnya, harus pula mengetahui metode yang sangat efektif dalam meningkatkan pemasarannya, yaitu:
a. Hubungan bribadi di luar jam kantor dengan orang lain (calon konsumen) dan perusahaan yang bergerak di bidang pariwisata.
b. Hubungan surat menyurat yang langsung dengan para langganan lama atau baru.
c. Penyebaran folder atau bahan-bahan bacaan tentang perjalanan, baik yang di keluarkan oleh kantor sendiri maupun perusahaan lainnya.
d. Ikut aktif dalam penyelanggaran hiburan rakyat yang akan digolongkan kepada kemajuan dunia pariwisata.
e. Mengatur keindahan pajangan yang kelihatan keluar maupun yang ada di dalam kantor sendiri.
f. Pemasaran advertensi dalam surat kabar di media lainnya.
g. Menyelenggarakan kontes, sayembara, hiburan.
Usaha promosi ini harus dijalankan secara terus-menerus dan anggran promosi harus semakin meningkat, sesuai dengan menngkatnya penghasilan perusahaan. Penampilan kesan mendalam terhadap layanan sebuah trevel biro, akan merupakan alat promosi yang sangat ampuh. Dengan begitu nama baik trevel biro akan tersebar luas berkat layanan yang memuaskan.
Adapun keputusan pemilihan loasi merupakan keputusan di mana perusahaan akan didirikan. Pada umumnya pemilihan dilakukan dengan mempertimbangkan berbagai faktor yang penting bagi berlangsungnya perusahaan atau organisasi tersebut. Berdasarkan kriteria tersebut, perusahaan menetapkan dua atau tiga lokasi sebagai nominator yang dipilih dengan alasan yang jelas, seperti komunikasi yang baik, lalu lintas pelanggan, atau tanah yang bernilai.
Secara singkat dapat disimpulkan bahwa beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam pemilihan lokasi adalah :
a. Kebijakan bisnis yang memerlukan kocepatan dalam memberikan pelayanan pada pelanggan atau kemudahan akses oleh pelanggan, sehingga lokasi perusahaan jasa dekat pelanggan.
b. Kebijakan yang menekankan efisiensi penggunaan sumber daya.
c. Kebijakan bisnis yang menggunakan pendekatan rantai nilai.
Sumber :
http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=EKMA4369/&doc=M4.pdf
http://repository.radenintan.ac.id/4114/1/SKRIPSI%20FULL.pdf
Komentar
Posting Komentar