Diskusi 1 EKMA4216
Banyak orang yang mengatakan bahwa Manajemen Pemasaran itu Penting. Pemasaran adalah seni dan ilmu untuk menciptakan nilai dengan merancang dan mengelola pertukaran yang sukses (Kotler dan Keller, 2016)
Silahkan anda jelaskan:
Apa yang dimaksud dengan pemasaran sebagai suatu proses penciptaan nilai! Cantumkan sumber referensi anda dengan lengkap! Jangan lupa Klik Kehadiran Terlebih dahulu untuk dapat berpartisipasi dalam diskusi ini
Jawab :
Pemasaran merupakan proses penciptaan nilai karena konsep inti pemasaran adalah pertukaran atau pertukaran nilai. Pertukaran yang dilakukan oleh dua pihak dimana nilai-nilai yang dibutuhkan tersebut tidak terbatas pada barang, jasa dan uang, tetapi juga dapat mencakup sumber-sumber lain seperti waktu, energi dan perasaan (Bagozzi, 1975 dalam EKMA4261 modul 1 pp.3).
Bagi pelanggan sebuah produk yang menawarkan dua manfaat atau lebih dipandang lebih praktis dan efisien, kondisi semacam ini disebut proporsi nilai. Proporsi nilai diartikan sebagai sejumlah manfaat secara menyeluruh yang dijanjikan oleh pemasar untuk disampaikan pada pelanggan (Kotler dan Keller 2016 dalam EKMA4261 modul 1 pp.8-9). Dalam definisi manajemen pemasaran di muka terdapat istilah nilai pelanggan superior. Superior diartikan sebagai kondisi yang lebih baik dibanding pesaing.
Perusahaan-perusahaan di dalam industri berusaha menawarkan produk dan jasa yang superior, mengakibatkan konsumen dihadapkan pada pilihan yang beraneka ragam. Konsumen membuat pilihan pembeli berdasarkan pada persepsi mereka mengenai nilai yang melekat pada berbagai produk dan jasa ini. Nilai adalah selisih antara nilai total yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya total yang menyertai produk tersebut. Nilai total antara lain nilai dari produk, jasa, personil pemasar, biaya waktu, biaya energi yang dikeluarkan, dan biaya psikis. Setelah pemberian nilai, konsumen akan mengevaluasi dan hasil evaluasi ini akan mempengaruhi kepuasan dan peluang untuk membeli ulang produk tersebut.
Kepuasan pelanggan tergantung pada anggapan kinerja produk dalam menyerahkan nilai relatif terhadap harapan pembeli. Bila kinerja atau prestasi sesuai atau bahkan melebihi harapan, maka pembelinya akan merasa puas. Perusahaan yang cerdik memfokuskan diri terhadap kepuasan konsumen dengan hanya menjanjikan apa yang dapat mereka serahkan, kemudian menyerahkan lebih banyak dari yang mereka janjikan, sehingga konsumen selalu loyal terhadap produk yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut.
Komentar
Posting Komentar