DISKUSI 2 EKMA4216

 Dalam Materi Kuliah disebutkan Salah satu strategi pemasaran yang digunakan Pemasar (Marketer) adalah Penetrasi Pasar.

Strategi Penetrasi Pasar mengarahkan Marketer untuk memperbesar pangsa pasar dan memperbanyak konsumen. Pada tahap ini, kegiatan promosi digencarkan dan harga cenderung relative murah.

a. Setujukah Anda dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasan Anda!

b. Pemasaran telah dikritik karena dianggap “membuat orang membeli hal-hal yang sebenarnya tidak mereka butuhkan." apakah anda setuju dengan pernyataan tersebut? Jelaskan!

Sebagai perhatian :

- Mohon tidak membuat jendela baru dalam menanggapi diskusi, karena akan take times bagi tutor dan mahasiswa lain dalam mengobservasi tanggapan para partisipan. Berdiskusilah dalam satu jendela diskusi.

-  Harap cantumkan pula referensi yang Saudara gunakan untuk menghindari plagiat dari rekan saudara!


Jawab :

 

a.    Setuju, karena dalam strategi penetrasi pasar, perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pasar yang ada dengan produk yang ada, atau menjangkau pelanggan-pelanggan baru dengan karakteristik yang sama dengan menggunakan bauran pemasaran yang ada (EKMA4216 modul 3 pp.20). Memperluas pangsa pasar bisa dikatakann memperbesar bisnis, hal ini dikarenakan jika pangsa pasar meningkat, maka tentu permintaan akan meningkat, kemudian jumlah produk yang dihasilkan juga meningkat.

Salah satu cara yang efektif untuk melayani pasar yang ada yaitu dengan menawarkan harga lebih rendah secara terus-menerus, atau dapat pula dengan menggunakan program periklanan khusus, seperti mempropagandakan sesuatu yang paling baik dari lainnya (EKMA4216 modul 2 pp.28). Beberapa pelanggan mempersepsikan nilai sebuah produk dengan harga murah, semakin murah harga suatu produk, akan semakin besar nilainya. Dalam konteks tersebut dapat dilihat perusahaan jasa atau retail akan memaksimalkan menggunakan biaya marketing sebagai discount atau potongan harga untuk memaksimalkan nilai pelanggan. penetapan harga murah dalam strategi penetrasi pasar dengan tujuan untuk meningkatkan penjualan atau pendapatan dinilai efektif pada situasi berikut ini (Arif Rahman, 2010):

- Volume penjualan yang sangat sensitif terhadap harga

- Adanya kemungkinan untuk mencapai skala ekinomis dalam biaya per unit melalui operasi pada volume besar

- Jasa perusahaan menghadapi ancaman kompetisi potensial yang intensif

- Tidak ada kelompok pembeli yang bersedia membayar harga lebih mahal untuk mendapatkan produk tersebut

Beberapa pelanggan mempersepsikan nilai sebuah produk dengan harga murah, semakin murah harga suatu produk, akan semakin besar nilainya. Dalam konteks tersebut dapat dilihat perusahaan jasa atau retail akan memaksimalkan menggunakan biaya marketing sebagai discount atau potongan harga untuk memaksimalkan nilai pelanggan (Arif Rahman, 2010)


b.  Tidak setuju, karena pemasaran adalah suatu proses kemasyarakatan yang melibatkan individu-individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran, dan pertukaran secara bebas produk dan jasa nilai dengan pihak lain (Kotler dan Keller, 2006 dalam EKMA4216 modul 1 pp.3)

Sedangkan, keputusan beli sepenuhnya ada ditangan konsumen yang mana dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut dapat berbeda-beda untuk masing-masing pembeli yang berbeda, disamping produk yang dibeli dan saat pembeliannya berbeda. Faktor-faktor  tersebut dikelompokkan kedalam dua golongan, yaitu sebagai berikut (EKMA4216 modul 4 pp.4-5):

- Stimulus atau kekuatan lingkungan yang mencakup budaya, sub-budaya, kelas sosial, kelompok referensi, keluarga, faktor-faktor situasional, nilai-nilai, norma dan peranan sosial, variabel-variabel bauran pemasaran

- Faktor-faktor individual yang mencakup persepsi, motif, pengolahan informasi, pembelajaran, sikap dan keyakinan, kepribadian, pengalaman, dan konsep diri.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga