Tugas 1 Manajemen

 

TUGAS  I

1.     Jelaskan proses manajemen, berikan penerapan dalam suatu organisasi/ perusahaan

a.     Perencanaan

b.     Pengorganisasian

c.      Pengarahan

d.     Pengendalian

2.      Jelaskan strategi perusahaan dalam elemen lingkungan umum:

a.      Sosial

b.      Variabel ekonomi

c.      Variabel politik

d.      Variabel teknologi 

3.      Jelaskan 7S berikut gambar dibawah ini

 

*Berikan sumber/ referensi (dari buku BMP, Jurnal ilmiah, situs/web resmi, bukan dari blogspot atau wordpress)

 

JAWABAN NO. 1:

Pengertian proses manajemen adalah cara sistematis dalam melakukan sesuatu terutama dalam mengelola sebuah pekerjaan atau obyek. Sebuah hasil tidak akan diperoleh tanpa melalui proses. Hampir tidak ada hal yang tiba-tiba bisa kita dapatkan tanpa ada proses, tentu saja itu juga berlaku dalam manajemen.

Secara umum, dunia manajemen menggunakan prinsip POAC. atau Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling. Prinsip manajemen ini banyak digunakan oleh organisasi dewasa ini untuk memajukan dan mengelola organisasi mereka. Berikut penjelasan lebih lanjut tentang masing-masing point tsb :

 

a.     Planning

Planning meliputi pengaturan tujuan dan mencari cara bagaimana untuk mencapai tujuan tersebut. Planning telah dipertimbangkan sebagai fungsi utama manajemen dan meliputi segala sesuatu yang manajer kerjakan. Di dalam planning, manajer memperhatikan masa depan, mengatakan “Ini adalah apa yang ingin kita capai dan bagaimana kita akan melakukannya”.

Membuat keputusan biasanya menjadi bagian dari perencanaan karena setiap pilihan dibuat berdasarkan proses penyelesaian setiap rencana. Planning penting karena banyak berperan dalam menggerakan fungsi manajemen yang lain. Contohnya, setiap manajer harus membuat rencana pekerjaan yang efektif di dalam kepegawaian organisasi.

Dalam perencanaan, ada beberapa faktor yang harus dipertimbangkan. Yaitu harus SMART :
Specific artinya perencanaan harus jelas maksud maupun ruang lingkupnya. Tidak terlalu melebar dan terlalu idealis.
Measurable artinya program kerja atau rencana harus dapat diukur tingkat keberhasilannya.
Achievable artinya dapat dicapai. Jadi bukan anggan-angan.
Realistic artinya sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada. Tidak terlalu mudah dan tidak terlalu sulit. Tapi tetap ada tantangan.
Time artinya ada batas waktu yang jelas. Mingguan, bulanan, triwulan, semesteran atau tahunan. Sehingga mudah dinilai dan dievaluasi.
 

b.     Organizing

Organizing adalah proses dalam memastikan kebutuhan manusia dan fisik setiap sumber daya tersedia untuk menjalankan rencana dan mencapai tujuan yang berhubungan dengan organisasi. Organizing juga meliputi penugasan setiap aktifitas, membagi pekerjaan ke dalam setiap tugas yang spesifik, dan menentukan siapa yang memiliki hak untuk mengerjakan beberapa tugas.

Aspek utama lain dari organizing adalah pengelompokan kegiatan ke departemen atau beberapa subdivisi lainnya. Misalnya kepegawaian, untuk memastikan bahwa sumber daya manusia diperlukan untuk mencapai tujuan organisasi. Memekerjakan orang untuk pekerjaan merupakan aktifitas kepegawaian yang khas. Kepegawaian adalah suatu aktifitas utama yang terkadang diklasifikasikan sebagai fungsi yang terpisah dari organizing.

Agar tujuan tercapai maka dibutuhkan pengorganisasian. Dalam organisasi biasanya diwujudkan dalam bentuk bagan organisasi. Yang kemudian dipecah menjadi berbagai jabatan. Pada setiap jabatan biasanya memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan uraian jabatan (Job Description).

Semakin tinggi suatu jabatan biasanya semakin tinggi tugas, tanggung jawab dan wewenangnya. Biasanya juga semakin besar penghasilannya. Dengan pembagian tugas tersebut maka pekerjaan menjadi ringan. Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing. Disinilah salah satu prinsip dari manajemen. Yaitu membagi-bagi tugas sesuai dengan keahliannya masing-masing.

 

c.     Actuating

Perencanaan dan pengorganisasian yang baik kurang berarti bila tidak diikuti dengan pelaksanaan kerja. Untuk itu maka dibutuhkan kerja keras, kerja cerdas dan kerjasama. Semua sumber daya manusia yang ada harus dioptimalkan untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi. Pelaksanaan kerja harus sejalan dengan rencana kerja yang telah disusun. Kecuali memang ada hal-hal khusus sehingga perlu dilakukan penyesuian.

Setiap SDM harus bekerja sesuai dengan tugas, fungsi dan peran, keahlian dan kompetensi masing-masing SDM untuk mencapai visi, misi dan program kerja organisasi yang telah ditetapkan.

 

d.     Controlling

Agar pekerjaan berjalan sesuai dengan visi, misi, aturan dan program kerja maka dibutuhkan pengontrolan. Baik dalam bentuk supervisi, pengawasan, inspeksi hingga audit. Kata-kata tersebut memang memiliki makna yang berbeda, tapi yang terpenting adalah bagaimana sejak dini dapat diketahui penyimpangan-penyimpangan yang terjadi. Baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan maupun pengorganisasian. Sehingga dengan hal tersebut dapat segera dilakukan koreksi, antisipasi dan penyesuaian-penyesuaian sesuai dengan situasi, kondisi dan perkembangan zaman.
 

 

JAWABAN NO 2 :

Lingkungan umum adalah suatu lingkungan dalam lingkungan eksternal organisasi yang menyusun faktor-faktor yang memiliki ruang lingkup luas dan faktor-faktor tersebut pada dasarnya berada di luar dan terlepas dari operasi perusahaan. Lingkungan ini hanya memiliki sedikit dampak implikasi langsung bagi pengaturan suatu organisasi. Faktor-faktor tersebut antara lain adalah:

1.     Sosial
Lingkungan sosial adalah satu dari lima aspek dasar lingkungan bisnis. Bisnis tidak hanya harus memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen, tetapi juga harus menyadari isu-isu tertentu yang mempengaruhi masyarakat, karena konsumen merespons baik perusahaan yang berkontribusi atau memberikan kembali kepada masyarakat mereka.

2.     Teknologi
Seperti yang kita ketahui, teknologi tak pernah berhenti berkembang. Produk seperti ponsel dan laptop terus ditingkatkan dengan perangkat lunak dan fitur terbaru. Perusahaan perlu mengetahui kapan kemajuan teknologi ini akan datang dan terus diperbaharui serta salah satu caranya adalah dengan tetap menjaga apa yang konsumen inginkan melalui riset pemasaran.

3.     Ekonomi
Perekonomian dapat memiliki pengaruh besar pada perusahaan. Orang cenderung memiliki lebih banyak pendapatan saat ekonomi meningkat. Sementara saat ekonomi sedang lesu, banyak orang kehilangan pendapatan membuat pasar cenderung lebih konservatif, sehingga aktivitas pembelian menurun. Beberapa perusahaan mungkin mempertimbangkan untuk menurunkan harga untuk tetap memacu penjualan. Namun pemimpin yang bijak tetap harus mempertimbangkan untuk mempertahankan kualitas.

4.     Politik
Elemen lingkungan yang tak kalah penting adalah situasi politik. Perusahaan beroperasi di masyarakat yang lebih global saat ini, dan peristiwa seperti embargo dagang dari luar negeri dapat menghambat penjualan di luar negeri. Beberapa negara mungkin juga memiliki sumber daya utama seperti minyak misalnya. Gangguan atau konflik dalam politik antar negara bisa berdampak drastis terhadap harga barang, dan memaksa konsumen membayar lebih mahal untuk barang tertentu.

 

 

JAWABAN NO. 3

DEFINISI

Model McKinsey 7s adalah alat yang menganalisis desain organisasi perusahaan dengan melihat 7 elemen internal kunci: strategi, struktur, sistem, nilai-nilai bersama, gaya, staf dan keterampilan, untuk mengidentifikasi apakah mereka secara efektif selaras dan memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya.

 

PEMAHAMAN MODEL

Model McKinsey 7s dikembangkan pada tahun 1980 oleh konsultan McKinsey Tom Peters, Robert Waterman dan Julien Philips dengan bantuan dari Richard Pascale dan Anthony G. Athos.Sejak diperkenalkan, model ini telah banyak digunakan oleh para akademisi dan praktisi dan tetap menjadi salah satu alat perencanaan strategis yang paling populer. Ini berusaha untuk menyajikan penekanan pada sumber daya manusia (Soft S), daripada produksi tradisional tangibles modal, infrastruktur dan peralatan, sebagai kunci untuk kinerja organisasi yang lebih tinggi. Tujuan model adalah untuk menunjukkan bagaimana 7 elemen perusahaan: Struktur, Strategi, Keterampilan, Staf, Gaya, Sistem, dan nilai-nilai Bersama, dapat diselaraskan bersama untuk mencapai efektivitas dalam perusahaan. Titik kunci dari model ini adalah bahwa semua tujuh bidang saling berhubungan dan perubahan dalam satu bidang membutuhkan perubahan di seluruh perusahaan agar berfungsi secara efektif.

Di bawah ini Anda dapat menemukan model McKinsey, yang merepresentasikan koneksi antara tujuh area dan membagi mereka menjadi 'Soft Ss' dan 'Hard Ss'. Bentuk model menekankan keterkaitan elemen-elemen.

 

Model dapat diterapkan ke banyak situasi dan merupakan alat yang berharga ketika desain organisasi dipertanyakan. Penggunaan kerangka kerja yang paling umum adalah:

  • Untuk memfasilitasi perubahan organisasi.
  • Untuk membantu menerapkan strategi baru.
  • Untuk mengidentifikasi bagaimana setiap area dapat berubah di masa depan.
  • Untuk memfasilitasi penggabungan organisasi.

 

URAIAN KOMPONEN

Strategi adalah rencana yang dikembangkan oleh perusahaan untuk mencapai keunggulan kompetitif yang berkelanjutan dan berhasil bersaing di pasar. Apa yang dimaksud dengan strategi yang diselaraskan dengan baik dalam model 7s McKinsey? Secara umum, strategi yang sehat adalah yang diartikulasikan dengan jelas, bersifat jangka panjang, membantu mencapai keunggulan kompetitif dan diperkuat oleh visi, misi, dan nilai-nilai yang kuat. Tetapi sulit untuk mengatakan apakah strategi tersebut selaras dengan elemen lain ketika dianalisis sendiri. Jadi kunci dalam model 7s bukan untuk melihat perusahaan Anda untuk menemukan strategi, struktur, sistem, dan lain-lain, tetapi untuk melihat apakah itu selaras dengan elemen lain. Sebagai contoh, strategi jangka pendek biasanya merupakan pilihan yang buruk untuk sebuah perusahaan tetapi jika diselaraskan dengan 6 elemen lainnya, maka itu dapat memberikan hasil yang kuat.

Struktur merepresentasikan cara divisi dan unit bisnis diatur dan termasuk informasi siapa yang bertanggung jawab kepada siapa. Dengan kata lain, struktur adalah bagan organisasi perusahaan. Ini juga merupakan salah satu elemen kerangka kerja yang paling mudah dilihat dan mudah diubah.

Sistem adalah proses dan prosedur perusahaan, yang mengungkapkan aktivitas harian bisnis dan bagaimana keputusan dibuat. Sistem adalah area dari perusahaan yang menentukan bagaimana bisnis dilakukan dan itu harus menjadi fokus utama bagi manajer selama perubahan organisasi.

Keterampilan adalah kemampuan yang dilakukan karyawan perusahaan dengan sangat baik. Mereka juga termasuk kemampuan dan kompetensi. Selama perubahan organisasi, pertanyaan sering muncul dari keterampilan apa yang dibutuhkan perusahaan untuk memperkuat strategi baru atau struktur baru.

Unsur staf berkaitan dengan jenis dan berapa banyak karyawan yang dibutuhkan organisasi dan bagaimana mereka akan direkrut, dilatih, dimotivasi dan diberi imbalan.

Gaya mewakili cara perusahaan dikelola oleh manajer tingkat atas, bagaimana mereka berinteraksi, tindakan apa yang mereka ambil dan nilai simbolis mereka. Dengan kata lain, itu adalah gaya manajemen pemimpin perusahaan.

Nilai Bersama merupakan inti dari model McKinsey 7s. Mereka adalah norma dan standar yang memandu perilaku karyawan dan tindakan perusahaan dan dengan demikian, adalah dasar dari setiap organisasi.

 

 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga