Diskusi 8 Pengantar Bisnis Smt 2
Pemasaran yang baik adalah pemasaran yang berorientasi pelanggan. Pemasaran berorientasi pelanggan berarti mengembangkan produk-produk yang memang dibutuhkan pelanggan. Meskipun terlihat sederhana, pemasaran berorientasi tidak terjadi begitu saja. Berikut perjalanan pemasaran berorientasi pelanggan. Perjalanan pemasaran berorientasi pelanggan adalah:
Konsep produksi
Pada era ini yang terpikir adalah asal kita membuat produk bagus pasti laku.Perusahaan membuat produk yang bagus kemudian meletakkannya dalamkatalog. Pelanggan akan datang untuk membeli. Pada konsep produksi ini tidakada aktivitas pemasaran maupun penjualan.2.
Konsep penjualan
Pada era ini banyak produk yang sama yang diproduksi oleh berbagai perusahaan.Perusahaan kemudian menyadari bahwa perusahaanlah yang harus mendatangi pelanggan. Peusahaan kemudian melakukan pemasangan iklan dan membuat team penjualan. Team penjualan inilah yang akan mencari pelanggan. Team penjualanakan diberikan training bagaimana memahami produk yang dijual dan bagaimanamenjual kepada calon pelanggan. Pada era konsep penjualan ini lebih berorientasi pasar.
Konsep pemasaran
Persaingan penjualan semakin ketat sehingga mereka mulai masuk ke penjualan berdasarkan kebutuhan pelanggan. Pada konsep pemasaran ini, kita akanmelakukan riset kebutuhan pelanggan. Hasil riset ini kemudian dibuat produk dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan dengan harga yang terjangkau.Fokus pada pemasaran yang berorientasi pelanggan ini adalaha. Berorientasi kepada pelanggan b. Berorientasi kepada profit penjualan, bukan hanya volume penjualanc. Semua aktivitas pemasaran harus dikoordinasikan dengan baik
Sumber : Inisiasi-7-Pengantar-Bisnis-PEMASARAN-BERORIENTASI-PELANGGAN-1-docx
Komentar
Posting Komentar