Diskusi 6 Pemasaran Strategik
- Kondisi New Normal (kenormalan baru) pasca pandemic Covid 19, menghentikan mobilitas dan memaksa orang untuk berdiam diri di rumah (the rise of stay home). Jelaskan metode bauran promosi yang paling tepat dipilih perusahaan menyesuaikan dengan kondisi tersebut?
Jawab :
Bauran promosi adalah alat-alat promosi yang dapat dikontrol oleh perusahaan untuk memperoleh respons yang diinginkan dari pasar sasaran. diantaranya yang cocok dipakai pada saat pandemi saat sekarang ini adalah dengan metode iklan (advertising), yaitu berupa iklan cetak, maupun iklan digital, TV, radio, dll. Selain itu adalah dengan metode hubungan masyarakat (public relation), dalam hal ini adalah melalui berita pers, seminar online, laporan tahunan, serta sumbangan sukarela.
- Saat ini peran ‘INFLUENCER” begitu besar pengaruhnya untuk menerapkan strategi WOM (Word of Mouth) secara efektif. Jelaskan
Jawab :
Word of mouth mommunication (WOM) atau komunikasi dari mulut ke mulut merupakan proses komunikasi yang berupa pemberian rekomendasi baik secara individu maupun kelompok terhadap suatu produk atau jasa yang bertujuan untuk memberikan informasi secara personal (Kotler dan Keller, 2012).
Word of mouth (WOW) dapat berupa komentar atau rekomendasi yang disebarkan pelanggan berdasarkan pengalaman yang diterimannya, memiliki pengaruh yang kuat terhadap pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pihak lain.
Salah satu bentuk promosi dalam pemasaran adalah word of mouth. Word of mouth menjadi referensi yang membentuk harapan pelanggan. Sebagai bagian dari bauran komunikasi pemasaran, word of mouth communication menjadi salah satu strategi yang sangat berpengaruh di dalam keputusan konsumen dalam menggunakan produk atau jasa.
Alasan penggunaan Word of mouth begitu kuat karena hal-hal sebagai berikut (Silverman, 2001:26):
· Kepercayaan yang bersifat mandiri. Pengambilan keputusan akan mendapatkan keseluruhan, kebenaran yang tidak diubah dari pihak ketiga yang mandiri.
· Penyampaian pengalaman. Penyampaian pengalaman adalah alasan kedua mengapa word of mouth begitu kuat. Ketika seseorang ingin membeli produk, maka orang tersebut akan mencapai suatu titik dimana ia ingin mencoba produk tersebut. Secara idealnya, dia ingin mendapat risiko yang rendah, pengalaman nyata dalam menggunakan produk.
Berikut ini merupakan manfaat Word of Mouth sebagai sumber informasi yang kuat dalam memengaruhi keputusan pembelian (Hasan, 2010):
· Word of mouth adalah sumber informasi yang independen dan jujur (ketika informasi datang dari seorang teman itu lebih kredibel karena tidak ada association dari orang dengan perusahaan atau produk).
· Word of mouth sangat kuat karena memberikan manfaat kepada yang bertanya dengan pengalaman langsung tentang produk melalui pengalaman teman dan kerabat.
· Word of mouth disesuaikan dengan orang-orang yang terbaik di dalamnya, seseorang tidak akan bergabung dengan percakapan, kecuali mereka tertarik pada topik diskusi.
· Word of mouth menghasilkan media iklan informal.
· Word of mouth dapat mulai dari satu sumber tergantung bagaimana kekuatan influencer dan jaringan sosial itu menyebar dengan cepat dan secara luas kepada orang lain.
· Word of mouth tidak dibatasi ruang atau kendala lainnya seperti ikatan sosial, waktu , keluarga atau hambatan fisik lainnya.
Sumber :
http://www.pustaka.ut.ac.id/reader/index.php?subfolder=EKMA447502/&doc=M7.pdf
https://www.kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-manfaat-dan-elemen-word-of-mouth-wow.html
Komentar
Posting Komentar