Diskusi 8 Kewirausahaan

 

Riset pemasaran dapat memberikan manfaat bagi usaha baru atau usaha yang berukuran kecil.

Berikan contoh kasus mengenai riset pemasaran di Indonesia pada usaha baru atau usaha yang berukuran kecil.

Jawab :

Riset pemasaran seringkali disamakan dengan riset pasar. Meski keduanya memiliki istilah yang hampir sama, namun keduanya memiliki cakupan yang jauh berbeda. Sehingga perlu adanya pemahaman yang baik mengenai kedua istilah tersebut.

Riset pemasaran adalah kegiatan penelitian di bidang pemasaran. Yang mana, harus dilakukan secara sistematis dan skematis, mulai dari perumusan masalah, perumusan tujuan, pengumpulan data, pengolahan data, serta interpretasi hasil riset yang diperoleh.

Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk memberi masukan bagi pihak manajemen. Dengan adanya riset pemasaran, pihak manajemen akan mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki dan strategi pemasaran apa yang masih tepat untuk merebut peluang. Sehingga, secara tidak langsung dapat menjadi alat evaluasi bagi manajemen untuk menentukan langkah yang tepat bagi perusahaan.

Cakupan riset pemasaran sangatlah luas. Tidak hanya terpaku pada aspek pasar atau produk saja, tapi juga mencakup hal-hal lain yang lebih luas. Seperti kondisi ekonomi, politik, teknologi, kompetisi, perubahan sosial, serta kebijakan pemerintah.

Contoh kasus

Galis Design merupakan salah satu UKM yang berlokasi di kota Bogor, yang telah berkembang sejak tahun 2004, Galis Design memproduksi pakaian jadi yaitu pakaian muslim. Umumnya, perkembangan industri pakaian jadi menunjukan adanya persaingan yang begitu ketat. Sebuah perusahaan mampu untuk mempertahankan keunggulan kompetitif hanya untuk periode tertentu karena ditiru pesaing dan melemahkan keunggulan tersebut. Pemasaran memiliki peranan penting bagi suatu usaha untuk mengkomunikasikan keberadaan produk dan perusahaan kepada konsumen. Maka yang perlu diperhatikan adalah penyusunan strategi pemasaran yang efektif dan handal untuk mencapai sasaran bisnis yang telah ditetapkan. Strategi pemasaran merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan dan sasaran suatu usaha dengan cara mengembangkan keunggulan bersaing yang berkesinambungan melalui pasar yang dimasuki. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mempelajari strategi usaha dan pemasaran yang telah dijalankan oleh UKM Galis Design (2) Mengidentifikasi elemen-elemen yang berpengaruh dan menjadi unsur penyusunan strategi pemasaran UKM Galis Design (3) Menetapkan strategi pemasaran yang efektif bagi usaha pakaian muslim Galis Design. Informasi dan data yang dikumpulkan adalah data primer dan data sekunder, dimana data primer dilakukan dengan mewawancarai pihak Galis Design dan pihak terkait lainnya, serta dengan melakukan observasi langsung di lapangan. Data sekunder berupa studi literatur dan data-data lain yang berkaitan dengan topik ini diperoleh dari perpustakaan, data UKM Galis Design, buku, dan internet. Analisis menggunakan metode Proses Hirarki Analitik (PHA). Strategi yang dilaksanakan Galis Design saat ini yaitu dengan sistem keagenan yang saat ini terdapat sepuluh agen yang berasal dari berbagai daerah seperti Jakarta, Surabaya dan Makasar. Sistem pemasaran yang dilakukan dengan membuat iklan dimedia cetak seperti pembuatan brosur-brosur, pembuatan iklan di majalah muslimah dan menggunakan fasilitas internet.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga