DISKUSI 3 EKMA4215
Salam jumpa dalam diskusi inisiasi 3, tutorial online Manajemen Operasi. Terimakasih pada Anda semua yang telah aktif berdiskusi dan memberikan argumentasi terbaiknya. Topik diskusi kita kali ini mengacu pada Modul 4 dari BMP.
Sampaikanlah argumentasi anda mengenai dua perspektif kualitas dalam perusahaan menurut Russell dan Taylor (2009), sebagaimana terdapat pada Modul 4 dari BMP halaman 4.4. Saya sangat menghargai argumen yang anda berikan, dengan catatan argument tersebut orisinil dan bukan hasil copy-paste dari jawaban rekan mahasiswa yang lain.
Jawab :
Kualitas memiliki dua perspekif, yaitu perspektif produsen dan perspektif konsumen.
- Perspektif produsen yaitu produsen melihat kualitas dari dimensi kesesuaian standar dan biaya yang dikeluarkan. Ketika merancang sebuah rangkaian produksi barang atau jasa, produsen melihat apakah produk atau jasa yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar dan spesifikasi yang ditetapkan atau belum, atau malah terjadi defect atau cacat. Selain itu juga membandingkan dengan biaya yang dikeluarkan, produsen melakukan analisis produksi sehingga sumber daya yang dikeluarkan efektif dan efisien
- Perspektif konsumen yaitu konsumen melihat kualitas dari dimensi karakteristik kualitas dan harga. Dari sisi kualitas, konsumen melihat apakah kualitas produk sesuai dengan spesifikasi kualitas yang ditawarkan atau diiklankan, apakah kualitasnya sesuai, dibawah atau diatas ekspektasi konsumen. Kedua dari sisi harga, yaitu apakah dengan kualitas yang ditawarkan, harga yang diberikan sesuai tau tidak. Harga menunjukkan nilai yang konsumen bersedia bayarkan untuk mendapatkan produk tersebut. Apakah harga tersebut sudah sesuai, dibawah atau malah overprice jika dibandingkan dengan kualitas yang ditawarkan
Ketika dua perspektif ini menemukan titik temu atau standar yang disepakati bersama, itulah yang disebut fitness for consumer use atau kesesuaian untuk penggunaan konsumen. Dengan terjaganya kualitas produk maupun tingkat biaya yang dikeluarkan membantu produsen untuk senantiasa melakukan inovasi dalam produknya serta meningkatkan kualitasnya dari waktu ke waktu. Dengan terjaganya kualitas yang diterima konsumen akan meningkatkan kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa tersebut sehingga penjualan meningkat, serta terjadi loyalitas konsumen secara jangka panjang.
Komentar
Posting Komentar