TUGAS 3 EKMA4565
TUGAS 3 TUTORIAL ONLINE MK MANAJEMEN PERUBAHAN (EKMA4565)
Setiap organisasi tidak dapat menggantungkan pada kelemahan pihak lain dan memanfaatkan kecerdasannya maka diperlukan kemampuan dalam mengelola pengetahuan dan menjadikannya sebagai organisasi pembelajar. Sedangkan organisasi pembelajar yang berisi individu pembelajar dan di dukung oleh infrastruktur yang kuat dapat menjalankan visi misi dengan sukses. Individu pembelajar harus mengembangkan ilmu dan membangun peradaban bukan hanya tetap eksis tetapi harus mampu berkembang dan menjadi tangguh serta dapat bertahan di era yang penuh dengan ketidakpastian ini. Penumbuhan iklim organisasi pembelajaran harus dibarengi dengan penciptaan mekanisme yang bisa mendorong kegiatan proses pembelajaran diantara para individu bisa berlangsung lebih terpadu. Disini peran knowledge management atau manajemen pengetahuan menjadi amat kritikal sebab melalui mekanisme inilah proses pembelajaran dan akumulasi pengetahuan yang tersebar diantara segenap individu bisa dikelola secara efektif dan didesain agar selaras dengan arah strategi organisasi.
Pengetahuan tidak hanya berupa data dan informasi saja, tetapi perlu transfer pengetahuan dari karyawan ke dalam sistem sehingga dapat digunakan sebagai salah satu dasar pertimbangan dalam pengambilan putusan. Persaingan bisnis menuntut organisasi untuk terus kompetitif, sehingga bisnis yang berjalan dapat berubah dengan cepat. Para pengambil putusan menyadari hal tersebut dan mereka perlu mengembangkan pengetahuan dan strategi untuk mendukung pengambilan keputusan. Di sinilah peran kecerdasan buatan dan teknologi informasi dalam membangun sebuah sistem baru yang dapat menangkap, menyimpan, membagi, memberikan solusi data dan informasi serta pengetahuan. Struktur Organisasi yang begitu kompleks menyebabkan pengetahuan menjadi terpecah-pecah dan sulit untuk menentukan, berbagi dan menggunakan kembali pengetahuan tersebut yang dikatakan oleh Zack (dalam Natalea, 2010). Ketika learning organization telah menjelma, dalam wujud yang sempurna, maka ia ibarat sebuah taman impian. Itulah taman yang menjadikan semua anggotaberkeinginan untuk terus menerus belajar dan dengan penuh semangat saling berbagi pengetahuan serta pengalaman. Sebuah taman semakin berat maka diperlukan perubahan paradigma diorganisasi.tempat semua anggota dinaungi spirit keriangan untuk selalu mempersembahkan karya terbaik.
Organisasi Pembelajar
Secara general konsep ini dapat diartikan sebagai kemampuan suatu organisasi untuk terus menerus melakukan proses pembelajar (self-learning) sehingga organisasi tersebut memiliki kecepatan berpikir dan bertindak dalam merespon beragam perubahan yang muncul (Tjakraatmadja & Lantu, 2006). Dalam konteks riil, tema tentang learning organization ini diyakini telah menjadi satu jurus jitu untuk berkelit dari kekalahan suatu persaingan bisnis dan yang harus dilakukan untuk membangun learning organization yang tangguh adalah dengan membangun iklim dialog dan knowledge sharing yang kuat. Elemen ini penting sebab proses pembelajaran tidak akan pernah bisa berlangsung jika tidak ada komitmen yang kokoh diantara para karyawan apapun levelnya.
Untuk bertukar gagasan dan pengetahuan baik secara formal maupun melalui proses informal learning (pembelajaran informal). Proses pembelajaran informal layak disebut sebab berdasarkan riset kegiatan ini memiliki peran yang amat signifikan dalam mengembangkan kemampuan belajar organisasi dan bahkan acap lebih efektif dibanding proses formal learningdi antara para karyawan bisa berlangsung lebih terpadu. Di sini peran knowledge management menjadi amat kritikal, sebab melalui mekanisme inilah proses pembelajaran dan akumulasi pengetahuan yang tersebar diantara segenap karyawan bisa dikelola secara efektif dan didisain agar selaras dengan arah strategi perusahaan. Tentu saja proses penumbuhan learning organization yang solid tidak bisa hanya berlangsung semalam. Tapi jika mampu benar-benar diwujudkan, maka fantansi tentang hadirnya taman impina bisa menjadi kenyataan. Itulah taman tempat setiap individu bisa terus belajar bergerak membangun peradaban yang agung nan mulia.
Menurut Tjakraatmadja & Lantu (2006) organisasi sejatinya sangat mirip dengan manusia. Bukankah pada hakekatnya organisasi adalah sekumpulan manusia dengan tujuan, sistem, struktur dan kultur tertentu, agar organisasi berkembang dan memiliki keunggulan kompetitif, organisasi mesti memiliki otak yang cemerlang atau memiliki IQ (Intelligence Question) yang tinggi. Untuk memperoleh IQ yang tinggi terdapat dua persyaratan yaitu: (1) mempunyai tradisi sebagai organisasi pembelajaran (learning organization); (2) mempunyai kemampuan untuk mengelola pengetahuan (knowledge management) dengan baik. Dalam organisasi pembelajaran (learningorganization), komitmen dan kapasitas belajar ditumbuhkan secara berkesinambungan bagi seluruh anggota di tiap tataran organisasi. Salah satu contoh yang menerapkan pendekatan ini adalah Honda dan Samsung. Organisasi pembelajaran memungkinkan organisasi merubah informasi menjadi pengetahuan yang berharga (valued knowledge) yang akan meningkatkan kemampuan organisasi.Boleh dikatakan, organisasi pembelajaran merupakan wadah dengan sistem tertentu yang memungkinkan anggota organisasi untuk terus belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuannya.
Kultur Organisasi dan Knowledge Management
Budaya organisasi adalah sebuah nilai yang dipegang oleh orang-orang dalam organisasi tersebut dan merupakan pembeda dari organisasi lainnya. Menurut Tjakraatmadja & Lantu (2006) kultur organisasi adalah penggerak utama dalam laju bisnis organisasi. Untuk memulai sebuah knowledge management dalam sebuah organisasi tidaklah mudah. Organisasi tersebut harus sudah memiliki sebuah kultur sharing knowledge yang sudah berakar dan menjadi pola kerja para karyawannya. Organisasi yang telah menerapkan hal ini dapat disebut sebagai Learning organization yaitu organisasi yang memberikan kesempatan dan mendorong setiap individu yang ada dalam organisasi tersebut untuk terus belajar dan memperluas kapasitas dirinya. Dia merupakan organisasi yang siap menghadapi perubahan dengan mengelola perubahan itu sendiri (managing change). Learning organization memiliki kemampuan untuk belajar dan menfasilitasi aspek-aspek dari proses belajar dan bisa terus menerus melakukan perubahan dengan demikian karyawan mempunyai semangat untuk terus menerus berkembang melakukan perubahan-perubahan dan terus menerus. Perusahaan yang memiliki semangat “learning organization” juga mempunyai karyawan yang bisa belajar dari kesalahan mereka, berbagi pengetahuan dengan karyawan yang lain dan bisa berkomunikasi secara terbuka dengan karyawan lainnya. Dilihat dari level managerial pun organisasi ini akan memiliki pemimpin yang bisa melatih, membantu, memberikan motivasi, menjadi pendorong dalam pengambilan keputusan. Menurut Senge (1990) karyawan harus merubah cara pandang mereka, harus bisa mengembangkan kemampuan dan harus siap berubah, bisa mengerti keseluruhan dari fungsi organisasi dan merumuskan misi perusahaan sebagai bagian dari team. Komponen dari suatu learning organization secara umum adalah terdiri dari learning (belajar), organization (organisasi), people (orang), knowledge (pengetahuan) dan technology (teknologi), komponen di atas sudah banyak diterapkan di banyak organisasi. Seperti yang diusulkan Senge, terdapat lima unsur penting mesti diperhatikan dalam pembentukannya, yakni visi bersama yang mesti digapai, model mental, keahlian personal, pembelajaran tim, dan berpikir sistematik. Mengingat pentingnya learning organization dalam suatu perusahaan terlebih dalam pengembangan suatu knowledge management maka diperlukan suatu keinginan dari perusahaan untuk meningkatkannya.
Hakekat Knowledge Management
Knowledge yang dibicarakan di sini bukanlah sain atau ilmu pengetahuan dikutip dari Munir (2008) menyatakan bahwa “Pengetahuan adalah keseluruhan kognisi dan ketrampilan yang digunakan oleh manusia untuk memecahkan masalah.” Definisi yang lebih mengarah menjelaskan bahwa pengetahuan adalah “informasi yang terstruktur dan terpakai secara merata dan digunakan untuk memberikan arahan agar terjadi proses transformasi (proses kerja) yang efisien dan efektif, sekaligus informasi itu pula dibutuhkan untuk pengendalian hasil yang dikutip dari Tjakraatmadja & Lantu (2006). Faktor efektif menjadi amat menentukan dan suatu informasi dapat menjadi pengetahuan jika memiliki kapasitas untuk melakukan tindakan atau memecahkan masalah secara efektif.
Perkembangan perekonomian ke arah globalisasi yang diindikasikan dengan perkembangan pesat dalam teknologi informasi dan teknologi komunikasi, membawa dampak pada pentingnya pengembangan sumber daya manusia atau karyawan yang berbasis pengetahuan (knowledge based worker) untuk kmenunjang setiap aktivitas dalam organisasi. Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi menuntut penguasaan teknologi untuk diaplikasikan dalam aktivitas organisasi, sehingga dapat diperoleh manfaat dari teknologi tersebut. Di sisi lain, globalisasi telah mengubah pandangan masyarakat bisnis dunia menjadi knowledge society dan membawa dampak pada berkembangnya persaingan berbasis pengetahuan (knowledge based competition). Untuk merespon perubahan tersebut, diperlukan pengelolaan pengetahuan yang baik dan benar di dalam organisasi sehingga efektifitas dan kinerja organisasi dapat dioptimalkan. Pengetahuan merupakan salah satu bentuk intangible asset yang sangat berperan dalam persainga yang dialami organisasi. Semakin tinggi tingkat pengetahuan karyawan dalam organisasi, maka semakin mudah untuk mengikuti perubahan sesuai dengan tugasnya. Manajemen pengetahuan sebagai proses dimana organisasi mengumpulkan aset pengetahuan (knowledge asset) dan menggunakannya untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Dengan pengembangan pengetahuan yang dimiliki, karyawan akan mengetahui atau memahami apa yang dibutuhkan untuk mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Ketika organisasi melakukan investasi yang besar terhadap usaha mengumpulkan aset pengetahuan (knowledge asset), maka organisasi harus dapat mengetahui seberapa besar dampak dari implementasi manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisasi dan yakin bahwa apa yang dilakukan organisasi dalam rangka mengumpulkan aset pengetahuan sejalan dengan visi dan misi organisasi. Oleh karena itu, pengetahuan ditempatkan secara strategis sebagai salah satu syarat pentingbbagi kemajuan perilaku karyawan yang juga berdampak pada kinerja organisasi.
PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA
Telkom, Organisasi Pembelajar
Telkom telah memasuki bisnis telekomunikasi di era kompetisi sehingga seluruh sendi aktivitas bisnis dituntut untuk lebih mampu merespon kompetisi tersebut secara efektif. Telkom telah mencanangkan visi untuk menjadi digital telco pilihan utama untuk memajukan masyarakat, sehingga untuk mewujudkannya diperlukan penyelarasan budaya korporasi dan kepemimpinan transformasional guna mengkondisikan respon seluruh komponen organisasi pada model perilaku yang selaras dengan nilai-nilai inti yang disesuaikan dengan strategi korporasinya sehingga mampu mensinergikan seluruh upaya pencapaian tujuan secara efektif.
Visi TELKOM yaitu to become a leading InfoCom player in the region. TELKOM berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik.
TELKOM memiliki misi memberikan layanan one stop InfoCom services with excellent quality and competitive price and to be the role model as the best managed indonesian corporation dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, produk dan jaringan berkualitas, dengan harga kompetitif.
TELKOM mengelola bisnis melalui praktik-praktik terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.
Untuk itu diperlukan kerangka budaya baru perusahaan yang disesuaikan dengan nuansa kompetisi yang dihadapi Telkom serta diberlakukan sebagai landasan bagi proses transformasi budaya secara menyeluruh. The Telkom Way memberikan pemahaman atas konsepsi budaya perusahaan agar diperoleh kesamaan persepsi serta keseragaman pola pengembangannya. Pengembangan Budaya Korporasi di Telkom adalah untuk menggugah kesadaran seluruh komponen organisasi tentang pentingnya budaya korporasi dalam memelihara daya tahan dan mensinergikan daya saing, terbentuknya keselarasan budaya perusahaan dengan strategi perusahaan dan terbangunnya competitive advantage melalui penguatan nilai-nilai yang telah dirumuskan dalam budaya korporasi The Telkom Way.
Sejalan dengan pengembangan budaya perusahaan mulai tahun 2003, Telkom juga telah melakukan restrukturisasi internal dengan membangun pola kepemimpinan transformasional dan melakukan penyesuaian kompensasi kepada segenap karyawannya, dua hal yang diyakini mampu memberikan stimulan bagi pengembangan sumber daya manusia dan tujuan perusahaan. Untuk melaksanakan strategi perusahaan dalam mencapai dan menjaga sustainable growth, upaya pemenangan persaingan dikondisikan melalui pendekatan customer centric sehingga perlu dilakukan perubahan yang fundamental dalam pengorganisasian dan pengendalian aktivitas bisnis perusahaan pada seluruh unit bisnis.
Manajemen Pengetahuan di Telkom
Secara umum, PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk telah menerapkan manajemen pengetahuan. PT Telekomunikasi Indonesia, Tb adalah perusahaan publik yang berlatar belakang perusahaan negara (Badan Usaha Milik Negara–BUMN). PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk juga merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan manajemen pengetahuan yang cukup berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya penghargaan berupa MAKE (Most Admired Knowledge Enterprises) oleh sebuah organisasi konsultan, yaitu Dunamis (pemegang lisensi Stephen Covey di Indonesia), yang memberikan penghargaan tahunan bagi perusahaan di Indonesia yang dianggap terbaik dalam penerapan manajemen pengetahuan.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk memiliki sasaran visi dan misi yang ingin dicapai. Untuk mencapai sasarannya, perusahaan merancang suatu strategi. Strategi perusahaan merupakan salah satu fondasi yang harus tetap diacu dalam implementasi setiap inisiatif-inisiatif suatu organisasi, termasuk di dalamnya inisiatif implementasi manajemen pengetahuan.
Pengetahuan merupakan aset kunci agar suatu perusahaan memiliki keunggulan kompetitif yang kontinu. Keunggulan kompetitif tersebut diperoleh dari dampak implementasi manajemen pengetahuan terhadap kinerja organisai di berbagai bidang, diantaranya bidang operasi dan pelayanan, bidang pengembangan kompetensi inti, bidang pemeliharaan ketersediaan pengetahuan, dan bidang inovasi dan pengembangan produk. Oleh karena itu, pengelolaan dalam suatu perusahaan dalam menciptakan nilai bisnis dan keunggulan kompetitif dapat dilakukan dengan mengoptimalkan proses penciptaan, pengkomunikasian, dan pengaplikasian semua pengetahuan yang dibutuhkan dalam rangka pencapaian tujuan perusahaan.
Proses makro manajemen pengetahuan TELKOM yaitu:
1. Knowledge Acquisition
Proses akuisisi terjadi ketika para eksekutor proses bisnis utama perusahaan (perencanaan strategis, pengembangan produk dan layanan, serta operasi infrastruktur dan layanan) sadar bahwa mereka perlu mempelajari pengetahuan tertentu. Akuisisi pengetahuan terjadi ketika proses interaksi antara eksekutor (knowledge buyer) dengan knowledge source (knowledge seller) berlangsung dengan efektif yang ditandai dengan mengalirnya pengetahuan dari knowledge source ke knowledge buyer. Knowledge source ini berasal dari brainware/knowledge worker (human capital). Proses bisnis berupa inovasi yang muncul dari konsumen dan eksternal perusahaan.
2. Knowledge Sharing
Knowledge sharing melibatkan komponen knowledge worker aplikasi distribusi dan kolaborasi. Forum dalam knowledge sharing dibagi menjadi dua, yaitu forum formal dan forum informal. Forum formal yaitu pertemuan rutin yang dilaksanakan untuk membahas performansi unit, performansi operasional, serta inisiatif strategis perusahaan. Media yang digunakan dalam knowledge sharing berupa online (Kampiun, intranet/portal, dan e-learning) dan offline (forum, rapat, team, buletin, informal meeting, patriot pagi, counseling and coaching, dan training).
3. Knowledge Utilisation
Ukuran keberhasilan dari pengetahuan yang dibutuhkan oleh karyawan untuk menjalankan proses bisnis perusahaan dengan lebih efektif dan efisien. Knowledge creation terjadi ketika karyawan memperoleh ide-ide baru yang muncul saat karyawan menerapkan pengetahuan yang tersedia.
Pembelajaran Organisasi di Telkom
PT. Telkom merasakan tantangan besar dalam menghadapi dinamika dan kompleksitas lingkungan bisnis yang menuntut peran yang lebih besar dalam pembelajaran organisasinya. Organisasi yang menerapkan keunggulan mengharuskan organisasi belajar secara terus menerus dan mentransformasikan diri pada lingkunga organisasi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut secara terus- menerus dan mampu melakukan perbaikan terhadap sumber daya dan modal intelektual atau kapabilitas yang dimiliki perusahaan, karena sumber daya dan modal intelektual perusahaan merupakan fondasi dan pilar strategi dalam perusahan, tanpa sumber daya dan modal intelektual yang unggul perusahaan akan menghadapi banyak permasalahan dalam menghadapi persaingan di pasar.Keunikan sumber daya dan kapabilitas perusahaan apabila dikelola dan dimobilisasi dengan baik dan tidak dimiliki oleh kompetitor lain akan menghasilkan keunggulan kompetitif yang sustainable/berkelanjutan dalam perusahaan yang mampu memenangkan persaingan dalam pasar. Hasil kajian Astuti, Hendri and Nim (2011) menyimpulkan bahwa pembelajaran organisasi dan modal intelektual menpunyai korelasi kuat, berpengaruh signifikan dan positif; pengaruh Pembelajaran Organisasi terhadap Keunggulan Bersaing mempunyai korelasi kuat, berpengaruh signifikan dan positif; sedangkan pengaruh Modal Intelektual terhadapKeunggulan Bersaing mempunyai berkorelasi kuat, berpengaruh signifikan dan positif. Dalam perhitungan analisis korelasi parsial dan simultan diperoleh hasil bahwa bahwa pengaruh secara parsial lebih kecil dibandingkan dengan pengaruh simultan pada Pembelajaran Organisasi dan Modal Intelektual.
PERTANYAAN
| 1. | Jelaskan karakteristik pengembangan organisasi/organization development (OD) pada Telkom! | 25 |
| 2. | Berdasarkan kasus di atas, jelaskanshared vision dari Telkom sebagai organisasi pembelajar! | 25 |
| 3. | Berdasarkan informasi pada artikel di atas, disebutkan bahwa: Dalam organisasi pembelajaran (learningorganization), komitmen dan kapasitas belajar ditumbuhkan secara berkesinambungan bagi seluruh anggota di tiap tataran organisasi. Salah satu contoh yang menerapkan pendekatan ini adalah Honda dan Samsung. Organisasi pembelajaran memungkinkan organisasi merubah informasi menjadi pengetahuan yang berharga (valued knowledge) yang akan meningkatkan kemampuan organisasi. Boleh dikatakan, organisasi pembelajaran merupakan wadah dengan sistem tertentu yang memungkinkan anggota organisasi untuk terus belajar sehingga dapat meningkatkan kemampuannya. Dari deskripsi tersebut, berikan simpulan tentang subsistem Pembelajaran, khususnya pada Subsistem Pengetahuan pada organisasi pembelajar, dengan mengaitkan penjelasan yang ada di BMP modul 5. | 25 |
| 4 | Berdasarkan artikel di atas, berikan simpulan tentang pentingnya knowledge management sebagai bagian tidak terpisahkan dari kehidupan sebuah organisasi/perusahaan, lebih-lebih jika organisasi tersebut adalah organisasi yang berbasis pengetahuan seperti Telkom. Lengkapi jawaban dengan memberikan ulasan pelaksanaan knowledge management di Telkom. | 25 |
| Skor Total | 100 | |
1. Karakteristik OD pada telkom
a. Dinamis.
Orgainisasi sebagai suatu sistem terbuka terus-menerus mengalami perubahan, karena selalu menghadapi tantangan baru dari lingkungannya dan perlu menyesuaikan diri dengan keadaan lingkungan yang selalu berubah tersebut. Sifat dinamis ini pertama sekali disebabkan karena adanya perubahan ekonomi dlam lingkungannya.
b. Memerlukan informasi.
Semua organisasi memerlukan informasi untuk hidup. Tanpa informasi organisasi tidak dapat jalan. Dengan adanya informasi bahan mentah dapat diolah menjadi hasil produksi yang dapat dimanfatkan oleh manusia. Begitu juga sebaliknya dengan tidak adanya informasi suatu organisasi dapat macet atau mati sama sekali.
c. Mempunyai tujuan.
Organisasi merupakan kelompok orang yang bekerja sama untuk mencapai tujuan tertentu. Oleh karena itu setiap organisasi harus mempunyai tujuan sendiei-sendiri. Tentu saja tujuan suatu organisasi dengan organisasi lainnya sangat bervariasi. Hendaknya tujuan organisasi dihayati oleh seluruh anggota organisasi sehingga setiap anggota dapat diharapkan mendukung pencapaian tujuan organisasi melalui partisipasi mereka secara individual.
d. Terstruktur.
Organisasi dalam usaha mencapai tujuannya biasannya membuat aturan-aturan, undang-undang dan hierarki hubungan dalam organisasi. Hal ini dinamakan struktur organisasi.
2. Keberhasilan suatu organisasi dapat terlaksana apabila semua angota memiliki pandangan dan cita-cita yang sama, merasa senasib dan seperjuangan untuk meraih tujuan organisasi yang dikenal sebagai Visi Bersama (sharedvision)" Visi bersama dibangun oleh seluruh anggota organisasi sebagai keinginan, tekad, dan komitmen bersama. Visi TELKOM yaitu tobecome a leadingInfoComplayer in the region. TELKOM berupaya untuk menempatkan diri sebagai perusahaan InfoCom terkemuka di kawasan Asia Tenggara, Asia dan akan berlanjut ke kawasan Asia Pasifik. Oleh karena itu PT. Telkom merasakan tantangan besar dalam menghadapi dinamika dan kompleksitas lingkungan bisnis yang menuntut peran yang lebih besar dalam pembelajaran organisasinya. Organisasi yang menerapkan keunggulan mengharuskan organisasi belajar secara terus menerus dan mentransformasikan diri pada lingkunga organisasi. Dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat perusahaan dituntut secara terus- menerus dan mampu melakukan perbaikan terhadap sumber daya dan modal intelektual atau kapabilitas yang dimiliki perusahaan, karena sumber daya dan modal intelektual perusahaan merupakan fondasi dan pilar strategi dalam perusahan, tanpa sumber daya dan modal intelektual yang unggul perusahaan akan menghadapi banyak permasalahan dalam menghadapi persaingan di pasar.Keunikan sumber daya dan kapabilitas perusahaan apabila dikelola dan dimobilisasi dengan baik dan tidak dimiliki oleh kompetitor lain akan menghasilkan keunggulan kompetitif yang sustainable/berkelanjutan dalam perusahaan yang mampu memenangkan persaingan dalam pasar.
3. Setiap organisasi, membutuhkan pengetahuan untuk bisa meningkatkan kapabilitasnya dalam bersaing Nonaka & Takauchi dalam Tobin (1998:26) mengungkapkan bahwa kemampuan suatu perusahaan Untuk dapat menciptakan, menyimpan dan menyebar luaskan pengetahuan sangatlah penting untuk bisa tetap terdepan.Dalam memperoleh pengetahuan dapat dilakukan melalui beberapa cara seperti:
a. Perolehan pengetahuan dari dalam. Karyawan dan lingkungan internal dari suatu organisasi merupakan sumber informasi dan pengetahuan yang luar biasa. Organisasi harus mampu mengumpulkan pengetahuan dari masing-masing anggota organisasi dan memanfaatkannya untuk kemajuan organisasi.
b. Perolehan pengetahuan dari luar. Cara ini dapat dilakukan dengan banyak cara, diantaranya adalah dengan melakukan benchmarking, mengikuti seminar/pelatihan, membaca buku, majalah, pelanggan, supplier, dan sebagainya.
Manajemen pengetahuan merupakan suatu upaya untuk menghasilkan nilai dari kekayaan intelektual organisasi melalui penciptaan, penyimpanan, penyebaran, dan penerapan pengetahuan untuk mencapai tujuan organisasi. Manajemen pengetahuan adalah alat, teknik, strategi untuk menyimpan, menganalisis, mengorganisir, meningkatkan dan membagikan pengalaman bisnis. Manajemen pengetahuan adalah pembangunan yang sistematis, lamban, pembaharuan dan penerapan pengetahuan untuk memaksimalkan efektivitas pengetahuan perusahaan dan keuntungan aset pengetahuan. Manajemen pengetahuan adalah proses memperoleh pengalaman kolektif perusahaan yang disimpan dalam data base, makalah atau pemikiran manusia dan disebarkan sehingga dapat membantu penggajian yang lebih besar. Manajemen pengetahuan melibatkan identifikasi dan analisis pengetahuanyang tersedia dan dibutuhkan yang digunakan untuk perencanaan dan pengawasantindakan untuk meningkatkan kekayaan intelektual guna mencapai tujuan organisasi. Dalam manajemen pengetahuan hal yang merupakan input adalah aset intelektual perusahaan baik tacit maupun eksplisit. Hasil dari penerapan knowledgemanagement adalah nilai. Manajemen pengetahuan merupakan proses untuk menghasilkan nilai dari aset intelektual. Sering kali nilai ini melibatkan kodifikasi pengetahuan partner dan konsumen dan membagikan pengetahuan untuk mendapatkan praktek terbaik.
4. Beberapa hal penting dalam manajemen pengetahuan yaitu :
a. Manajemen pengetahuan merupakan suatu sistem, alat untuk mengorganisir sumber daya tidak berwujud untuk mencapai tujuan organisasi
b. Input manajemen pengetahuan adalah aset organisasi yang tidak berwujud seperti pengetahuan.
c. Proses manajemen pengetahuan terdiri dari upaya penciptaan pengetahuan, pembagian atau pengkomunikasian dan penerapan pengetahuan.
d. Output manajemen pengetahuan adalah kapabilitas baru, kinerja yang superior, inovasi dan meningkatkan nilai pelanggan.
PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk telah menerapkan manajemen pengetahuan. PT Telekomunikasi Indonesia, Tb adalah perusahaan publik yang berlatar belakang perusahaan negara (Badan Usaha Milik Negara–BUMN). PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk juga merupakan salah satu perusahaan yang menerapkan manajemen pengetahuan yang cukup berkembang dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan diterimanya penghargaan berupa MAKE (MostAdmiredKnowledge Enterprises) oleh sebuah organisasi konsultan, yaitu Dunamis (pemegang lisensi Stephen Covey di Indonesia), yang memberikan penghargaan tahunan bagi perusahaan di Indonesia yang dianggap terbaik dalam penerapan manajemen pengetahuan.
Komentar
Posting Komentar