TUGAS 2 EKMA4216


Tugas.2

Di Pekan Kelima ini, Para Mahasiswa diminta untuk mengerjakan Tugas KEDUA.

  1. Jelaskan perbedaan antara strategi dan  taktik dalam manajemen pemasaran!
  2. menurut anda mana yang paling penting? Jelaskan!
  3. menurut anda, apakah bauran pemasaran merupakan strategi atau taktik dalam manajemen pemasaran? Jelaskan!

cantumkan sumber referensi anda dengan jelas dan lengkap

Jawaban Tugas diunggah menggunakan format doc atau docx.

Para Mahasiswa hanya memiliki waktu pengerjaan tugas selama satu pekan.

Copy - Paste jawaban adalah bentuk pelanggaran yang tidak akan memberikan pemahaman apapun kepada para mahasiswa.

Selamat Mengerjakan dan Tetap Semangat, you'llnever study alone

Jawab :

 

A.   Strategi adalah suatu rencana yang diutamakan untuk mencapai tujuan peruahaan, sedangkan taktik adalah tahap-tahap tertentu yang dipakai untuk melaksanakan strategi. Dari sisi keputusan, perbedaan antara keputusan strategis dengan keputusan taktis dapat dilihat di bawah ini:

a.       Tingkat Perilaku. Strategi dikembangkan manajemen puncak sedangkan taktik oleh manajemen rendah.

b.      Keteraturan. Strategi berkesinambungan dan tidak teratur sedangkan taktik  berdasarkan siklus periodik dengan jadwal waktu yang tetap.

c.       Nilai-nilai subjektif. Strategi lebih subjektif dibanding taktik karena dikembangkan menurut pemikiran manajemen puncak.

d.      Jajaran pilihan. Luasnya keseluruhan kemungkinan alternatif yang harus dipilih manajemen jauh lebih besar di dalam keputusan strategis dibanding  taktis.

e.       Ketidakpastian. Strategi jauh lebih tidak pasti dibanding taktik.

f.        Sifat permasalahan. Masalah strategi cenderung bersifat tidak terstruktur dan khusus, sedangkan masalah taktis lebih terstruktur dan berulang.

g.      Kebutuhan informasi. Strategi lebih banyak membutuhkan informasi dibanding taktik.

h.      Horison waktu. Strategi ditujukan untuk jangka panjang sedangkan taktik untuk jangka pendek dan seragam.

i.        Referensi. Strategi merupakan sumber asli yang dikembangkan menjadi taktik, sementara taktik dirumuskan di dalam untuk mengejar tujuan  organisasi.

j.        Rincian. Strategi biasanya luas dan banyak mempunyai rincian dibanding taktik.

k.      Jumlah personel yang terlibat. Strategi melibatkan lebih sedikit personel dibanding taktik.

l.        Kemudahan penilaian. Mengukur strategi jauh lebih sulit dibandingkan mengukur taktik.

m.    Sudut pandang. Strategi dirumuskan dari sudut pandang organisasi sedangkan taktik dari sudut pandang fungsional.

n.      Segi kepentingan. Strategi lebih penting daripada taktik.

 

B.  Strategi lebih penting, karena strategi adalah alat bagaimana untuk mencapai tujuan organisasi publik/perusahaan publik yang dalam hal ini untuk manajemen pemerintahan sedangkan taktik merupakan penjabaran operasional jangka pendek dari strategi agar strategi tersebut dapat diterapkan.

 

C.   Bauran pemasaran (Marketing Mix) merupakan salah satu kombinasi dari beberapa variabel yang digunakan sebagai sarana oleh perusahaan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen. Sehingga dari kebutuhan dan keinginan konsumen, hendaknya manajemen yang ada dalam sebuah perusahaan mampu memadukan komponen-komponen yang ada di dalam bauran pemasaran (marketing mix). Dengan kata lain, dari adanya komponen-komponen tersebut sebuah perusahaan diharapkan mampu menentukan tingkat keberhasilannya sebagai upaya untuk mencapai tujuan yakni dalam memasarkan produknya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga