DISKUSI 6 EKMA4215

 

Salam jumpa dalam diskusi inisiasi 6, Tuton Manajemen Operasi. Terima kasih pada Anda semua yang telah aktif berdiskusi dan memberikan argumentasi terbaiknya. Topik diskusi kita kali ini mengacu pada Modul 7 dari BMP.

Berikan penjelasan terkait penjelasan pada Modul 7 dari BMP halaman 7.30, terkait tiga metode yang dapat digunakan dalam menjadwal permintaan pelanggan. Sampaikan argumentasi terbaik Anda dan berikan contoh nyatanya.

Saya sangat menghargai argumen yang Anda berikan, dengan catatan argumen tersebut orisinil dan bukan hasil copy-paste dari jawaban rekan mahasiswa yang lain.

Selamat berdiskusi.

Jawab :

 

Tiga metode yang dapat digunakan dalam menjadwal permintaan pelanggan:

a.       Metode Janji Temu (Appointment)

Metode janji temu biasanya digunakan oleh perusahaan jasa yang mana sifat pelayanannya lebih spesifik dan personal seperti dokter, dokter gigi, ahli hukum, layanan psikiater, kantor pengacara, jasa arsitek, jasa konsultan dan lain-lain. Dengan penggunaan metode janji temu, pemberi jasa bisa mengalokasikan waktu dan kompetensi pelayanan dengan maksimal. Pelanggan pun bisa mendapatkan ketepatan pelayanan dan kepuasan sesuai dengan jenis layanan yang diinginkan. Namun apabila terjadi ketidaksesuaian layanan secara kualitas maupun tidak tepat waktu, maka akan menyebabkan menurunnya tingkat kepuasan pelanggan dan mempengaruhi kelanjutan dari pemberian jasa itu sendiri.

Contohnya: janji temu dengan pengacara untuk kasus pidana yang diterima seseorang

b.      Metode Pemesanan (Reservasi)

Metode reservasi atau pemesanan memiliki kemiripan dengan metode appointment namun penggunaannya lebih kepada pemesanan kamar hotel, restoran, penerbangan, pemesanan tiket konser, film, dan lain-lain. Dengan adanya pemesanan terlebih dahulu, maka perusahaan bisa memperkirakan penggunaan sumberdaya sehingga lebih efisien. Namun, beberapa perusahaan membutuhkan pembayaran dimuka untuk metode ini sebagai jaminan pemesanan konsumen.

Contohnya: memesan tiket konser musik

c.       Metode Penundaan Pekerjaan (Backlog)

Metode penundaan pekerjaan paling tepatdigunakan pada jasa perbaikan televisi atau peralatan rumah tangga lain, bank, rumahmakan, atau pelayanan lain yang menggunakan antrean. Pada pelayanan tersebut,waktu penyelesaian pekerjaan ditentukan lebih dahulu, kemudian penyedia jasa akanmemesankan komponen-komponen yang diperlukan (penjadwalan mundur). Dengan demikian, konsumen harus menunggu proses pemesanan barang.

Contohnya: perbaikan hp di konter hp yang mana dilakukan perbaikan sesuai antrian

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga