DISKUSI 5 EKMA4214

 

Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang perkembangan karir. Silakan Anda diskusikan perbedaan pengembangan karir secara tradisional dengan modern, serta penilaian kinerja organisasi dengan menggunakan metode BalanceScoreCard!

 

Selamat Berdiskusi

Wassalam

Tutor

 

Pengembangan karir tradisional menekankan aspek knowhow yang  berarti bahwa seseorang dituntut untuk mempunyai keahlian yang mumpuni dan pengetahuan yang ditujukan untuk memberikan suatu pelayanan atau  menghasilkan suatu produk. Sedangkan dalam pendekatan karir modern seorang diharapkan mempunyai aspek knowwhy yang berarti memahami  suatu perusahaan dan budaya sehingga dapat membangun dan menggunakan  pengetahuan serta keahlian yang dapat membantu usaha, serta mempunyai  pemahaman knowwhom yang berarti pemahaman akan hubungan bahwa  pekerja mempunyai signifikansi terhadap keberhasilan usaha. Pola pergeseran pengembangan karir terjadi karena adanya tuntutan yang bersifat  intern dan bersifat ekstern. Pola pengembangan karir tradisional  digambarkan lebih cenderung pada posisi hirarkhis, kewenangan dan  tanggung jawab serta kompensasi. Pola ini telah bergeser menuju ke arah pengembangan karir modern, yang digambarkan bahwa pengembangan karir modern ditujukan untuk membina pegawai dengan memberikan kesempatan  untuk memilih kepentingan pribadi, keahilan, serta tersedianya informasi  untuk mencari pengalaman dalam hal pengembangan karir (Noe,1999).


Konsep Balanced Scorecard ini dikembangkan untuk melengkapi pengukuran kinerja finansial (atau dikenal dengan pengukuran kinerja tradisional) dan sebagai alat yang cukup penting bagi organisasi perusahaan untuk merefleksikan pemikiran baru dalam era competitiveness dan efektivitas organisasi. Konsep ini memperkenalkan suatu sistem pengukuran kinerja perusahaan dengan menggunakan kriteria-kriteria tertentu. Kriteria tersebut sebenarnya

merupakan penjabaran dari apa yang menjadi misi dan strategi perusahaan dalam jangka panjang, yang digolongkan menjadi empat perspektif yang berbeda yaitu :

1. Perspektif finansial

Bagaimana kita berorientasi pada para pemegang saham.

2. Perspektif customer

Bagaimana kita bisa menjadi supplier utama yang paling bernilai bagi para customer.

3. Perspektif proses, bisnis internal

Proses bisnis apa saja yang terbaik yang harus kita lakukan, dalam jangka panjang maupun jangka pendek untuk mencapai tujuan finansial dan kepuasan customer.

4. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran

Bagaimana kita dapat meningkatkan dan menciptakan value secara terus menerus, terutama dalam hubungannya dengan kemampuan dan motivasi karyawan.

 

Dalam BalancedScorecard, keempat persektif tersebut menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keempat perspektif tersebut juga merupakan indikator pengukuran kinerja yang saling melengkapi dan saling memiliki hubungan sebab akibat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga