TUGAS 3 EKMA4216
Tugas.3
Di Pekan Ketujuh ini, Para Mahasiswa diminta untuk mengerjakan Tugas KETIGA.
A. silahkan anda jelaskan perbedaan utama antara konsep produk, konsep penjualan, dan konsep pemasaran?
B. menurut anda mana yang harus diutamakan perusahaan dalam memasuki era industry 4.0? jelaskan!
cantumkan sumber referensi anda dengan jelas!
Jawaban Tugas diunggah menggunakan format doc atau docx.
Para Mahasiswa hanya memiliki waktu pengerjaan tugas selama satu pekan.
Copy - Paste jawaban adalah bentuk pelanggaran yang tidak akan memberikan pemahaman apapun kepada para mahasiswa.
Selamat Mengerjakan dan Tetap Semangat, you'llnever study alone
Jawab :
A. Perbedaan utama antara konsep produk, konsep penjualan, dan konsep pemasaran:
- Konsep Produk
Konsep berwawasan produk berpendapat bahwa konsumen akan memilih produk-produk yang menawarkan kualitas, kinerja atau ciri-ciri inovatif terbaik. Manajer yang berorientasi pada produk memusatkan energinya untuk membuat produk superior dan menyempurnakannya terus-menerus. Jadi sebuah organisasi harus mencurahkan energi untuk terus menerus melakukan perbaikan produk Beberapa pabrik yakin bahwa bila mereka dapat membuat perangkap tikus lebih baik maka pembeli akan berbondong-bondong membelinya. Konsep produk hanya berfokus pada produk tidak pada kebutuhan pelanggan.
- Konsep Penjualan
Konsep berwawasan penjualan berpendapat bahwa kalau konsumen dibiarkan begitu saja mereka tidak akan membeli produk organisasi dalam jumlah memadai. Oleh karena itu, organisasi harus melakukan usaha penjualan dan promosi yang agresif. Konsep ini biasanya dilakukan untuk memasarkan barang-barang yang umumnya tidak terpikirkan untuk dibeli seperti ensiklopedia, asuransi, ataupun tanah kuburan. Industri ini harus mahir dalam melacak calon pelanggan dan menjual manfaat produk kepada mereka. Asumsi yang dipakai dalam konsep ini adalah bahwa pelanggan yang terbujuk untuk membeli produk akan menyukainya atau jika mereka tidak suka mereka mungkin akan melupakan kekecewaannya itu dan membeli lagi nanti.
- Konsep Pemasaran
Konsep berwawasan pemasaran berpendapat bahwa kunci untuk mencapai tujuan organisasi terdiri dari penentuan kebutuhan dan keinginan pasar sasaran dan pemenuhan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien daripada pesaing. Konsep pemasaran dinyatakan dengan cara yang berbunga-bunga seperti “Kami mewujudkannya bagi Anda”. Konseppemasaran bersandar pada empat pilar utama yaitu: pasar sasaran, kebutuhan pelanggan, pemasaran terkoordinasi, dan profitabilitas.
B. Yang harus diutamakan perusahaan dalam memasuki era industry 4.0 adalah konsep produk. Menurut Angipora dalam Basri (2004:26) produk merupakan kombinasi barang dan jasa yang di tawarkan oleh seseorang atau lembaga untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan pasar. Kotler dalam Titiek Nurbiyati (2005: 129) menyebutkan bahwa produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kedalam pasar untuk di perhatikan, di miliki, di pakai, atau di konsumsi sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Bentuk suatu produk dapat didefinisikan secara luas dengan mencakup barang fisik dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan konsumen.
Perusahaan harus terus menerus meningkatkan produk-produk yang ada dan mengembangkan produk baru untuk memuaskan pelanggan setiap waktu. Perusahaan dapat menghasilkan tingkat pertumbuhan penjualan yang sangat tinggi untuk meningkatkan nilai mereka. Pada hakikatnya setiap produk yang ditawarkan bukan hanya untuk menjual fisiknya saja, tetapi untuk menjual kebutuhan danmanfaat yang terkandung di dalam produk tersebut. Meskipun manajer pabrik tidak selalu berhubungan langsung dengan pasar, namun pemahaman terhadap keberadaan suatu produk tetap diperlukan.
Keberhasilan produk di pasar sangat tergantung pada dinamika pasar, tingkat kompetisi, danpreferensi konsumen.Salah satu strategi untuk memenangkan persaingan strategi diferensiasi produk. Diferensiasi produk (product differentiation) adalah proses pembedaan suatu produk atau jasa untuk membuatnya lebih menarik terhadap suatu pasar sasaran tertentu. Jadi, lebih sederhananya strategi ini bertujuan agar membuat produk kita bedadan unik untuk dijual di pasar. Lalu, untuk membuat produk yang beda agar bisa sukses di
pasar maka perlu:
(1) menghasilkan nilai pelanggan, artinya produk yang dihasilkan punya harga jual.
(2) memunculkan pengenalan produk yang bernilai khas dan baik serta
(3) tampil sebagai wujud berbeda yang sulit untuk ditiru.
Komentar
Posting Komentar