DISKUSI 6 EKMA4216

Dalam hal layanan pembelian, pelanggan selalu kesulitan menentukan kualitas sebelum membeli. Konsekuensinya, harga layanan menjadi sangat penting. Lebih  lanjut, harga layanan ini mungkin satu-satunya petunjuk mengenai kualitas yang tersedia sebelum melakukan pembelian. Jika penyedia layanan menetapkan harga terlalu rendah, pelanggan akan memiliki persepsi dan harapan yang tidak akurat terhadap kualitas. Demikian pula, Jika harga terlalu tinggi, pelanggan mungkin tidak akan memilih layanan yang ditawarkan oleh perusahaan.

Oleh karena itu,  menurut anda:

  1. Faktor-faktor apa yang harus diperhatikan oleh pemasar saat penetapan harga?
  2. Analisis dampak ekonomi yang diakibatkan oleh strategi penetapan harga yang dilakukan oleh perusahaan!

Cantumkan sumber referensi anda secara lengkap!

You’llnever study alone

Jawab :

 

Dalam penetapan harga yang harus diperhatikan adalah faktor yang  mempengaruhinya, baik langsung maupun tidak langsung :

a.     Faktor yang secara langsung adalah harga bahan baku, biaya produksi, biaya pemasaran, peraturan pemerintah, dan faktor lainnya.

b.  Faktor yang tidak langsung namun erat dengan penetapan harga adalah antara lain yaitu harga produk sejenis yang djual oleh parapesaing, pengaruh harga terhadap hubungan antara produk subtitusi dan produk komplementer, serta potongan untuk para penyalur dan konsumen.

 

Kotler dan Amstrong mengungkapkan faktor-faktor yang mempengaruhi dan harus diperhitungkan dalam penetapan harga yaitu:

1.    Faktor Lingkungan Internal

Dalam faktor lingkungan internal terdapat beberapa faktor mendasar yang mempengaruhi perusahaan dalam menentukan harga dari setiap produk yang dihasilkan, seperti :

a. Tujuan pemasaran perusahaan, sebagai faktor utama yang menentukan harga adalah tujuan perusahaan itu sendiri misalnya memaksimalkan laba, mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan, meraih pangsa pasar yang besar, menciptakan kepemimpinan dalam kualitas, mengatasi persaingan, dan melaksanakan tanggung jawab sosial bagi masyarakat.

b.   Strategi bauran pemasaran, karena harga merupakan salah satu elemen dalam bauran pemasaran, maka dalam menentukan harga sebaiknya dikoordinasikan lebih lanjut dengan elemen pemasaran lainnya seperti : produk, tempat, promosi, biaya, dan organisasi.


2.      Faktor Lingkungan Eksternal

Faktor yang perlu diperhatikan dengan seksama oleh perusahaan dalam penetapan harga dari setiap produk yang diproduksi yaitu faktor lingkungan eksternal, karena dalam fakor ini terdapat dua faktor utama yaitu :

a.       Sifat pasar dan permintaan

Pihak yang ditugaskan untuk bertanggung jawab dalam  penetapan harga hendaknya memperhatikan dan memahami dengan baik sifat suatu pasar dan permintaan pasar yang  dihadapi atas produk yang dihasilkan. apakah pasar tersbut termasuk dalam pasar persaingan sempurna, pasar monopoli,  oligopoli dan sebagainya.

b.      Persaingan

Aspek persaingan merupakan salah satu faktor yang perlu mendapat perhatian yang intensif dari pihak penting di perusahaan mengenai keputusan dalam penetapan harga.

Michael Porter mengatakan ada lima kekuatan pokok yang berpengaruh terhadap persaingan suatu industri, yaitu Persaingan dalam industri yang bersangkutan, produk subtitusi, pelanggan, pemasok, dan ancaman pendatang baru.

Dilihat dari beberapa persaingan di atas sangat  diperlukan berbagai informasi sebagai dasar untuk menganalisis karakteristik persaingan yang sedang dan akan  dihadapi perusahaan pada masa sekarang dan yang akan datang, meliputi Jumlah perusahaan dalam industri, Ukuran relatif setiap anggota dalam industri, Diferensiasi produk, Kemudahan untuk memasuki industri yang bersangkutan, Unsur-unsur lingkungan lainnya.

Selain kedua faktor tersebut, maka perusahaan juga perlu memperhatikan dan mempertimbangkan faktor lainnya seperti, kondisi ekonomi suatu negara karena terdapat berbagai fenomena dapat mempengaruhi arus perekonomian secara endemik seperti inflasi, serangan bom, resensi maupun tingkat bunga bank. Dan juga peraturan dan kebijakan pemerintah terhadap sosial lainnya.

 

Dampak strategi penetapan harga yaitu pada praktik jual rugi dengan tujuan menyingkirkan atau mematikan pelaku usaha pesaingnya dipasar dalam konteks persaingan usaha adalah suatu perilaku pelaku saham yang umumnya memiliki posisi dominan dipasar atau sebagai pelaku usaha incumbent menetapkan harga yang merugikan secara ekonomi selama suatu jangka waktu yang cukup panjang. Strategi ini dapat mengakibatkan pesaignya tersingkir dari pasar bersangkutan atau menghambat pelaku usaha lain untuk masuk ke pasar. Dalam jangka pendek, jual rugi sangat menguntungkan konsumen namun dalam menyingkirkan pesaing dari pasar dan menghambat pesaing baru, pelaku usaha dominan atau pelaku usaha incimbent tersebut mengharap dapat menaikkan harga secara sigifikan. Umumnya harga yang ditetapkan untuk menutupi kerugian tersebut merupakan harga monopoli (yang lebih tinggi) sehingga dapat merugikan konsumen. Praktik ini adalah upaya untuk memaksimalkan keuntungan dan kerugian yang ditimbulkan ketika melakukan jual rugi atau harga rendah. Meskipun penetapan harga rendah dapat menguntungkan konsumen, namun keuntungan hanya untuk beberapa waktu saja, karena setelah jangka waktu tertentu, dimana sejumlah pelaku usaha pesaing tersingkir dari pasar konsumen justru akan dirugikan setlah pelaku usaha menetapkan harga yang sangat tinggi yang mengarah, atau merupakan harga monopoli. Kegiatan semacam ini perlu dilakukan pengkajian berdasarkan Pasal 20 UU No 5 Tahun 1999 dengan mendasarkan pada kerangka analisis dan pertimbangan ekonomi.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga