TUGAS 2 EKMA4157
TUGAS TUTORIAL KE-2
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
| Nama Mata Kuliah | : | Organisasi |
| Kode Mata Kuliah | : | EKMA4157 |
| Jumlah sks | : | 3 SKS |
| No | Tugas Tutorial | Skor Maksimal | Sumber Tugas Tutorial |
| 1 | Bila organisasi ukuran sederhana, bagaimana posisi atau keadaan dimensi-dimensi birokrasi yang terjadi pada organisasi tersebut? Anda bisa menyebutkan satu persatu dimensi birokrasinya dan selanjutnya dianalisis satu per satu. | 30 | EKMA4157/Modul 4 |
| 2 | Kompleksitas organisasi menunjukkan derajat diferensiasi (perbedaan) yang terjadi dalam sebuah organisasi. Coba Anda analisis menggambarkan apabila diferensiasi ke arah horizontal? | 30 | EKMA4157/ Modul 5 |
| 3 | Coba Anda analisis dengan memberikan contoh bahwa faktor jenis pekerjaan berpengaruh terhadap derajat formalitas? | 40 | EKMA4157/Modul 6 |
* coret yang tidak sesuai
1. Menurut Robbins (1996) struktur organisasi memiliki tiga komponen atau dimensi, yaitu :
a. Kompleksitas, ialah tingkat diferensiasi atau pembagian kerja yang ada dalam organisasi baik secara hirarki maupun unit-unit organisasi yang tersebar secara geografis. Bahwa kompleksitas adalah sejumlah perbedaan pekerjaan atau sejumlah aktivitas fungsi yang dilaksanakan oleh organisasi. Semakin kompleks organisasi semakin sulit dalam mengelola pekerjaan manajerial karena terdapat ketidaksamaan baik dalam unit/kelompok tugas maupun pekerjaan individu.
b. Formalisasi, ialah penggunaan peraturan dan prosedur yang tertulis untuk menstandarisasi beberapa operasi organisasi. Selain itu, formalisasi mengacu pada perluasan ekspektasi kerja, aturan-aturan, dan kebijakan-kebijakan perilaku yang diharapkan dan dinyatakan dalam bentuk tertulis.
c. Sentralisasi, ialah letak dari pusat pengambilan keputusan dalam suatu organisasi. Sentralisasi terkait dengan partisipasi dan otonomi, yang dalam praktek sulit untuk dikenali karena keputusan dapat dibuat oleh setiap individu dalam organisasi.
2. Diferensiasi horizontal menunjukkan tingkat perbedaan antar unit organisasi menurut orientasi personel, jenis tugas yang dijalankan, maupun persyaratn pendidikan yang diperlukan untuk menjalankan tugas tersebut. Makin banyak terdapat jenis dan tugas berbeda dalam organiasi, yaitu tugas-tugas yang masing-masing memerlukan pengetahuan dan keterampilan khusus (spesialisasi) berarti bahwa tiingkat kompleksitas organisasi semakin tinggi. Tingkat kompleksitas yang lebih tinggi ini terjadi karena perbedaan orientasi antar unit yang semakin kuat dan akan membuat komunikasi antar anggota organisasi yang berada di unit-unit yang berbeda akan menjadi lebih sulit, dan selanjutnya juga akan membuat manajemen menghadapi kesulitan ataupun hambatan yang lebih besar untuk melakukan koordinasi.
3. Jenis pekerjaan yang hanya menuntut keterampilan rendah, yaitu jabatan yang mengandung tugas-tugas sederhana dan berulang (repetitive), biasanya merupakan jeni pekerjaan yang diatur dengan derajat formalisasi yang tinggi. Sedangkan pekerjaan yang menuntut formalitas tinggi cendrung diatur dengan derajat formalisasi yang rendah. Beberapa pengecualian memang terjadi, seperti pada pekerjaan akuntan yang diharuskan untuk selalu memiliki catatan terperinci dari kegiatan yang telah mereka lakukan (yang berarti formalitas tinggi) agar perusahaan bisa meminta bayaran sesuai dari pelanggan yang telah mempergunakan jaa akuntan ini. Walaupun terdapat pengecualian, pada umumnya ‘aturan’ sebelumnya tetap berlaku.
Komentar
Posting Komentar