DISKUSI 3 EKMA4216

  1.  Jelaskan pengetian dari positioning (pemosisian) dan jelaskan bagaimana cara untuk mencapainya.
  2. Analisis proses pemosisian yang dilakukan oleh merek berikut: Whatsapp, Twitter, dan Coca-Cola.

Kemukakan pendapat anda disertai dengan konsep pemasaran yang telah anda pelajari. Jangan lupa untuk cantumkan sumber referensi secara lengkap.

Salam, you’ll never study alone

Jawab :

 

1.      Penetapan posisi (positioning) merupakan hal yang sangat penting dalam kegiatan pemasaran perusahaan. Penetapan posisi biasanya tidak lepas dari kegiatan segmentasi dan market targeting. Penetapan posisi adalah apa yang perusahaan inginkan ada dalam bentuk konsumen (pelanggan). Penetapan posisi berkaitan dengan persepsi. Persepsi ini harus unik sehingga pelanggan bisa langsung bisa membedakan perusahaan kita merek perusahaan pesaing. Dalam pemosisian pasar, perusahaan berusaha memilih pola konsentrasi pasar khusus yang dapat memberikan peluang maksimum untuk mencapai tujuan sebagai pelopor. Perusahaan baru dapat beroperasi setelah memperoleh posisi tertentu di pasar. Oleh karena itu, ia harus menentukan sasaran pasarnya. Dalam pemosisian produk, perusahaan lebih menitik beratkan pada persepsi dan preferensi pembeli mengenai suatu produk atau merek yang ada di pasar tertentu. Menurut Ferrel  dan Hartkine (2008, pp.202) pemosisian produk adalah pembentukan citra mental tawaran produk dan pembedaan fiturnya di benak pasar.

Untuk mencapai posisi yang kuat perusahaan harus dapat memasuki segmen pasar yang diperkirakan akan menghasilkan penjualan serta tingkat laba paling besar (EKMA4216 modul 2 pp.33). Dalam kaitan dengan strategi, produk yang ditawarkan harus cocok dengan segmen pasar yang dituju supaya berhasil. Produk itu perlu diposisikan agar nampak terpisah dengan dari merek-merek saingannya. Perusahaan harus berusaha membuat produknya lebih menonjol dari produk saingannya dan membuatnya lebih menarik bagi pembeli. Hal ini dapat melibatkan adanya perubahan penting pada barang itu sendiri yang dapat mempengaruhi persepsi konsumen (EKMA4216 modul 3 pp.18).

2.      A. Proses pemosisian yang dilakukan merek WhatsApp yaitu:

- Tersinkron dengan nomor di kontak telepon/HP

- Pengganti SMS yang praktis. Nilai lebihnya tidak perlu mencari ID atau PIN kontak yang akan memakan waktu

- Hemat data internet dan tidak ada iklan

- WhatsApp memudahkan pengguna untuk berbagi lokasi mereka

- Dapat membuat grup chat hingga 100 orang

- Panggilan Video atau Video Call lebih stabil

- WhatsApp berinovasi mengembangkan WhatsApp Business, aplikasi yang ditujukan khusus pebisnis

B. Proses pemosisian yang dilakukan merek Twitter yaitu:

- Twitter dapat diakses oleh siapapun tanpa harus memiliki akun twitter asalkan profile yang dikunjungi tidak bersifat private

- Twitter memungkinkan pengguna mendapatkan eksposur dengan berbagai cara, yaitu dengan rekomendasi who to follow, balasan tweet, promoted tweet, retweet, hastag, percakapan di tweet, dan akun yang dikuti

- Twitter memudahkan interaksi dengan selebritis dan tokoh masyarakat

- Twitter memudahkan untuk membisukan kata kata dan cuitan toxic

- Twitter punya fitur trending topic

C. Proses pemosisian yang dilakukan merek Coca-Cola yaitu:

- Coca-Cola memposisikan diri sebagai produk minuman ringan pelepas dahaga yang dapat dikonsumsi kapan saja dan dimana saja.

- Iklan Coca-Cola yang beredar menceritakan tentang merasakan momen bersama keluarga, teman, atau bahkan orang yang tidak dikenal dengan baik.

- Coca-Cola memberi inovasi dalam bentuk botol dan juga terhadap label nama

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga