DISKUSI 7 EKMA4565
Diskusikan kaitan antara perubahan organisasi dan knowledgemanagement, dimulai dari pemikiran bahwa saat ini kita hidup pada masyarakat pengetahuan (knowledgesociety) dimana tiap individu dan organisasi tidak bisa terlepas untuk terlibat dengan pengetahuan.
Jelaskan dengan mengaitkan dampak penciptaan pengetahuan baru pada siklus hidup pengetahuan (knowledgelifecycle) yang makin pendek dan pada terjadinya turbulensi lingkungan eksternal sehingga organisasi harus berubah untuk bertahan. Lengkapi penjelasan Anda dengan memberikan contoh penerapannya pada suatu case yang Anda ketahui.
Jawab :
Knowledge management merupakan kegiatan organisasi dalam mengelola pengetahuan sebagai aset, dimana dalam berbagai strateginya ada penyaluran pengetahuan yang tepat kepada orang yang tepat dan dalam waktu yang cepat, hingga mereka bisa saling berinteraksi, berbagi pengetahuan dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan sehari-hari demi peningkatan kinerja organisasi.
Definisi knowledge management masih beragam antar berbagai ahli. Perbedaan ini terutama karena masih beragamnya persepsi atau pendapat tentang perbedaan informasi dan pengetahuan. Para ahli dibidang informasi menyebutkan bahwa informasi adalah pengetahuan yang disajikan kepada seseorang dalam bentuk yang dapat dipahami; atau data yang telah diproses atau ditata untuk menyajikan fakta yang mengandung arti. Sedangkan pengetahuan berasal dari informasi yang relevan yang diserap dan dipadukan dalam pikiran seseorang. Sedangkan pengetahuan berkaitan dengan apa yang diketahui dan dipahami oleh seseorang. Informasi cenderung nyata, sedangkan pengetahuan adalah informasi yang diinterpretasikan dan diintegrasikan.
Bidang knowledgemanagement dianggap penting dalam suatu pembelajaran di suatu organisasi. Dalam organisasi harus memiliki pengetahuan yang dapat memberikan kemajuan bagi organisasi itu sendiri, agar organisasi itu dapat bertahan, dan dari situ pula organisasi wajib untuk saling menyebarkan pengetahuan mereka. Maka dari itu dibutuhkan manajemen yang kuat supaya pengetahuan tersebut dapat melekat disetiap individu dalam organisasi dan tidak hilang begitu saja dengan didukung dengan sarana dilingkungan organisasi dalam penyebaran informasinya.
Dalam sebuah organisasi pastinya akan ada individu baik atasan maupun bawahan yang menciptakan sebuah pengetahuan atau ide-ide baru. Menciptakan pengetahuan tersebut tidak sekedar menciptakan sebuah pengetahuan atau ide yang asal-asalan, melainkan juga memperhatikan bagaimana cara untuk menciptakan sebuah pengetahuan tersebut agar nantinya bisa dipakai dalam sebuah organisasi tersebut. Menciptakan sebuah pengetahuan baru dalam sebuah organisasi merupakan proses tanpa akhir yang meliputi menciptakan sebuah ide-ide baru, menangkap paragidma baru, dan menggabungkan prinsip terisolasi untuk membangun proses baru.
Contoh penerapan knowledge management diterapkan di PT. PLN Indonesia, perusahaan ini telah menerapkan KM sejak lama, sejak tahun 1999. Dimana perusahaan ini menginginkan para karyawan untuk melakukan inovasi dibidang pekerjaannya. Dalam setahun sejak diluncurkan program inovasi bagi karyawan sudah ada 60 karya inovasi dari karyawan, hingga 2016 sudah ada 148 karya inovasi.
Komentar
Posting Komentar