DISKUSI 6 EKMA4214

 

Saudara mahasiswa, pada pertemuan enam ini silakan Anda diskusikan tentang model-model pelatihan yang dapat diselenggarakan oleh perusahaan, apa kelebihan dan kekurangan dari model-model pelatihan tersebut?

 

Selamat Berdiskusi.

Salam Tutor

Jawab :

 

1.      Model Induktif

Model ini digunakan untuk mengidentifikasi jenis kebutuhan belajar yang bersifat kebutuhan terasa (feel needs) atau kebutuhan belajar dalam pelatihan yang dirasakan langsung oleh peserta pelatihan. Pelaksanaan identifikasinya pun harus dilakukan secara langsung kepada peserta pelatihan itu sendiri.

- Kelebebihannya yaitu dapat memperoleh informasi langsung mengenai kebutuhan peserta pelatihan, sehingga memudahkan pelatih untuk memilih materi pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan.

- Kekurangannya yaitu menetapkan materi pelatihan secara menyeluruh dan umum, juga membutuhkan waktu, dana dan tenaga yang banyak.

2.      Model Deduktif

Mengidentifikasi kebutuhan pelatihan dilakukan secara umum dan sasaran yang luas. Dalam menetapkan kebutuhan pelatihan, dipilih peserta dengan karakteristik yang sama dan dilakukan pengujian pertimbangan kepada seluruh peserta. Hasil identifikasi digunakan dalam menyusun materi pelatihan yang bersifat menyeluruh. Pelatihan jenis ini melihat latar belakang pendidikan, usia dan jabatan. Kemudian dikembangkan ke proses pembelajaran dalam pelatihan yang lebih khusus.

- Kelebihannya adalah hasil identifikasi diperoleh dari sasaran yang luas, sehingga ada kecendrungan penyelesaiannya, menggunakan harga yang murah, dan relatif lebih efisien dibanding dengan tipe induktif karena informasi kebutuhan belajar yang diperoleh dapat digunakan untuk penyelenggaraan proses belajar dalam pelatihan secara umum.

- Kekurangannya dari segi efektifitasnya, karena belum tentu semua peserta pelatihan memiliki karakteristik yang sama akan memanfaatkan dan membutuhkan hasil identifikasi.

3.      Model Klasik

Dirujukan untuk menyesuaikan bahan-bahan belajar sesuai kurikulum dengan kebutuhan yang dirasakan peserta pelatihan. Identifikasi kebutuhan pelatihan dilakukan secara terbuka kepada peserta pelatihan yang sudah ada dikelas. Pelatih mengidentifikasi kesenjangan antara kemampuan yang dimiliki peserta dengan bahan belajar yang akan dipelajari. Tujuannnya untuk mendekatkan kemampuan yang ada dengan kemampuan yang akan dipelajari, sehingga tidak ada kesenjangan pada peserta dalam mempelajari bahan yang baru.

- Kelebihannya memudahkan peserta pelatihan dalam mempelajari bahan belajar, di samping kemampuan yang telah dimiliki akan menjadi modal untuk memahami bahan belajar yang baru

- Kekurangannya bagi peserta pelatihan yang terlalu jauh kemampuan dasarnya dengan bahan belajar yang akan dipelajari, menuntut untuk mempelajari terlebih dahulu kesulitan tersebut, sehingga dalam mempelajari kebutuhan belajar yang baru membutuhkan waktu yang lama.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS 3 EKMA4157

Diskusi 1 Bahasa Indonesia

Quiz Bahasa Inggris Niaga